JENITA RATI2025-08-112025-08-11https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/1159Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan cerita bergambar dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif di SMAN 12 Makassar tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. setiap siklus terdiri atas empat kali pertemuan. Data dalam penelitian ini di sajikan secara kuantitaf (Test) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi) sebagai data pendukung. Peneliti menggunakan cerita bergambar sebagai media untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di dalam teks naratif pada siswa kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari pre-test ke test pada siklus ke 2. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 36.34 dimana terdapat 1 orang siswa (3.84%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum, pada siklus pertama nilai rata-rata siswa adalah 67.73 dimana terdapat 4 orang siswa (15.38%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan pada siklus ke dua, nilai rata-rata siswa adalah 83.46 dimana terdapat 24 orang siswa (92.30%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Selanjutnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengunaan cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada teks naratifi: Kemampuan MembacaTeks Naratif dan Penelitian Tindakan KelasIMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT THROUGH PICTURE STORIES AT SMA NEGERI 12 MAKASSARThesis