MARIA FATIMA JAINA2025-08-132025-08-13https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/1376Berbahasa Inggris dengan lancar, tepat dan akurat merupakan keterampilan yang sangat diharapkan dari siswa. Namun, pada kenyataannya masih banyak siswa merasa kesulitan untuk mengaplikasikannya secara bersamaan dalam berbahasa Inggris. Maka, diperlukan latihan setiap harinya untuk mengasah kemampuan berbicara bahasa Inggris siswa. Untuk itulah penulis ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris siswa menggunakan metode pembelajaran yang sesuai, yaitu Scripted Role Play. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dimana pada setiap siklus terdiri atas: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan, tiga pertemuan untuk penyajian materi dan pertemuan keempat adalah pemberian test. Data dalam penelitian ini diperoleh menggunakan data kuantitatif (tes lisan) sebagai data utama dan data kualitatif (catatan lapangan dan dokumentasi) sebagai data Pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami peningkatan dalam berbahasa Inggris. Hal ini dibuktikan melalui nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada test siklus 1 dan tes siklus 2. Pada tes siklus 1 nilai rata-rata nilai siswa adalah 69,44 dimana terdapat 16 orang (44,44%) siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan nilai rata-rata siswa pada siklus ke dua yaitu 80,13 dimana terdapat 31 orang (86,11) siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimum. Hal ini menunjukkan bahwa melalui metode pengajaran Scripted Role Play para siswa mengalami peningkatan dalam berbahasa Inggris.scripted role playketerampilan berbahasaketerampilan berbahasa siswapenelitian tindakan kelasIMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING SCRIPTED ROLE PLAY AT CLASS XI MIPA-2 STUDENTS OF SMA NEGERI 12 MAKASSARThesis