SARTIKA SYAM2025-08-042025-08-04https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/565Penelitian ini dilaksanakan di SD Inpres Hombes Armed yang bertujuan untuk mengetahui cara antara. Pengaruh penggunaan Media Video dongeng Terhadap kemampuan komunikasi Siswa Kelas III SD Inpres Hombes Armed. Dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design dengan sampel kelas III A terdiri 36 siswa dan III B terdiri 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan , yaitu lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket dan tes hasil belajar, sama halnya teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, angket dan tes yang ditinjau dari pembelajaran Bahasa Indonesia . Analisis data deskriptif peneliti menemukan Media video dongeng kemampuan komunikasi dan Teks dongeng melalui tiga indikator dalam pembelajaran efektif, yaitu untuk aktivitas siswa pada kelas eksperimen 4,2 (sangat baik) sedangkan untuk kelas Kontrol 3,85(baik), respon siswa untuk kelas eksperimen 4,6 ( Sangat baik) sedangkan untuk kelas Kontrol 3,5 (baik) dan hasil belajar kelas eksperimen 4,2(sangat baik) sedangkan kelas Kontrol 3,5 (baik). Analisis data statistik inferensial kelas eksperimen nilai signifikan kelas pre test video dongeng (0,020), post test video dongeng (0,003), dan pre test teks dongeng (0,009) dibawah 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak memenuhi asumsi normalitas. Karena tidak semua variabel memenuhi asumsi normalitas nilai homogenitas 0,082 maka uji hipotesis yang dipakai yaitu uji wilcoxon dan mann whitney nilai signifikan 0,007 yang mempunyai nilai lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05, berarti terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswaPengaruh penggunaan Media Video dongeng Terhadap kemampuan komunikasiPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DONGENG TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA KELAS III SD INPRES HOMBES ARMED KABUPATEN GOWAThesis