NURHAEMI2025-08-052025-08-05https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/622Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Dengan HOTS pada pembelajaran Matematika di kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju, melalui penguasaan materi pembelajaran matematika siswa kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju yang bejumlah 16 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah obsevasi, tes, dokumentasi. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa hasil belaja matematika siswa kelas IV SDN Salupompong Kabupaten Mamuju pada penerapan model pembelajaran HOTS lebih efektif dari pada hasil belaja matematika siswa pada penerapan model Pembelajaran Matematika Realistik.Pembelajaran Matematika RealistikHOTSMatematika.KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DENGAN HOTS PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SALUPOMPONG KABUPATEN MAUJUThesis