RAMLAWATI2025-08-052025-08-05https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/646Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan film dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMP Negri 1 Jeneponto tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam dua siklus terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, obsevasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian ini di sajikan secara kuantitatif (test) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi) sebagai data pendukung. Peneliti menggunakan ganbar seri debagai media untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas 7 ynag terdiri dari 30 siswa Hasil penelitin menunjukkan bahwa pengunaan film dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa pada pre-test 57.60, 17 siswa yang lulus pada pre-test, kemudian peneliti melakukan tets pada siklus pertama dapat di lihat dari rata-rata siswa pada siklus pertama 63.3 kemudian meningkat menjadi 93.3 pada test di siklus kedua. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa guru dapat menggunakan film di dalam proses belajar mengajar untuk memahami flm sebagai salah satu teknik dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa.English MovieSpeaking SkillTeaching and Learning ProcessMENINGKATKANAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MELALUI MENONTON-MENCERITAKAN KEMBALI FILM BERBAHASA INGGRIS PADA KELAS TUJUH DI SMP NEGERI 1 JENEPONTOThesis