WA IMA ASNAN2025-08-072025-08-07https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/931Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam mengajar bahasa Inggris di sesudah pandemic di SMA Negeri 12 Makassar, penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sampel pada penelitian ini berjumlah dua guru, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan obserfasi dan wawancara kepada guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 12 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian guru pertama menggunakan strategi metakognitif untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Evaluasi yang di lakukan berupa pemberian tugas dan pengerjaan contoh soal latihan dan pembuatan penyusunan perencanaan pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Sedangkan guru dua menggunakan memori strategi untuk mereview pengajaran. Mereview yang di lakukan berupa pengulangan materi dan metakognitif untuk menyusun perencanaan pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah guru satu hanya menggunakan satu strategi yaitu strategi metakognitif dan guru dua menggunakan dua strategi yaitu metakognitif strategi dan memori strategi.Strategi yang di gunakan oleh kedua guru dapat membantu proses belajar mengajar terutama di era sesudah pandemic.Mengajar Bahasa InggrisPandemic EraStrategi Guru.TEACHERS’ STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH AFTER PANDEMIC ERA AT SMA NEGERI 12 MAKASSARThesis