Yulmitasari2025-08-052025-08-05https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/686Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan semua kelas IV ,V, dan VI SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar yang terdiri dari 179 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 57 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif, perhatian orang tua dengan jumlah 4,496 berada pada kategori baik dan prestasi belajar dengan jumlah 371,63 berada pada kategori baik. Analisis prasyarat hasil uji normalitas perhatian orang tua 0,489 dan prestasi belajar 0,067> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,264 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,896 > 0,05 dengan demikian terdapat linear perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Analisis inferensial Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota MakassarPerhatian Orang TuaPrestasi Belajar .PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSARThesis