ANJANI2025-08-132025-08-13https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/1361Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perngaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Minat Belajara Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar, Melalui pemahaman siswa dengan video pembelajaran.Jenispenelitianiniadalaheksperimendenganmenggunakanpendekatan kuantitafif.PenelitianeksperimeninidigolongkankedaalamPre experimental untukone grupdidapatkansampelpenelitiansebanyak 31 siswa. Intrumenpenelitian yang digunakanadalahdokumentasi, observasi, angketsertateknikanalisis data yang digunakanadalahanalisis statistic dekskriptifdananalisis statistic inferensial. Padapenelitianinikelas V sebagaikelaseksperimendiberikanpretestdanposttestdenganmenggunakanangketten tangpenggunaanmultimedia pembelajaranberbentuk video.Hasilujihipotesispadatarafsignifikansiα= 0,05denganuji-t menunjukanbahwasig < α yang berartiH1 diterimadan H0 ditolak. Sehinggadapatdisimpullkanbahwaterdapatpengaruhpenggunaan media pembelajaranberbasismultimimediaterhadapminatbelajarsiswapadamatapelajaran IPA siswakelas V SD NegeriPannnara Kota MakassarMedia Pembelajaran Berbasis MultimediaMinatBelajar IPA.PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSARThesis