JOHAN2025-08-192025-08-19https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/1897Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan passing atas siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah siswa melalui Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way. Penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Penelitian bertempat di MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data awal sebelum penelitian hasil belajar passing bawah permainan bola voli siswa adalah 28% tuntas dari jumlah 5 siswa dan 72% tidak tuntas dari jumlah 13 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa, dapat dilihat pada pada siklus I yang tuntas itu 9 siswa dengan nilai persentase 50% sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa dengan nilai persentase 50% dan siklus II yang tuntas itu 18 siswa dengan nilai persentase 100% sedangkan yang tidak tuntas itu 0 siswa dengan nilai persentase 0%. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Sehingga penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya.Hasil BelajarBola VoliTeknik Dasar Passing BawaUPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TYPE MODELLING THE WAY PADA KELAS X MAs MUHAMMADIYAH KABUPATEN ENREKANGThesis