Merry2025-08-132025-08-13https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/1391Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan pengaruh gadget terhadap perkembangan kognitif siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan setiap kelas adalah III, IV dan V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar yang terdiri dari 159 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va yang terdiri dari 26 siswa, instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif, pola asuh orang tua dengan jumlah 28,19 sedangkan pengaruh gadget dengan jumlah 20,69 dan perkembangan kognitif siswa dengan jumlah 32,0769. Analisis prasyarat hasil uji normalitas pola asuh orang tua 0,261, sedangkan pengaruh gadget 0,120, dan perkembangan kognitif siswa 0,275 > 0,05 (berdiskusi normal). Hasil uji homogenitas pola asuh orang tua 0,381 dan perkembangan kognitif 0,117 > 0,05 (homogen). Hasil uji linearitas pada pola asuh orang tua 0,085 dan pengaruh gadget 0,227 > 0,05 dengan demikian terdapat linear pada pola asuh orang tua dan pengaruh gadget. Analisis inferensial hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000 dengan kriteria sig (0,000) < a (0,05). Kesimpulan dala penelitian ini adalah terdapat pengaruh pola asuh orang tua dan gadget terhadap perkembangan kognitif siswa SD Inpres Bangkala III Kota MakassarPola Asuh Orang TuaPengaruh GadgetPerkembangan Kognitif.HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DAN PENGARUH GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SD INPRES BANGKALA III KOTA MAKASSARThesis