RANI PATTY2025-08-072025-08-07https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/942Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak selama pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan saat pembelajaran tatap muka siswa kelas V di sekolah SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskritif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa dari kelas yang diampunya. Berdasarkan dari wawancara bersama dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa tersebut, ditemukan bahwa siswa tersebut mengalami penurunan motivasi belajarnya selama pembelajaran daring dibandingkan dengan motivasi belajar saat tatap muka. Penyebab dari penurunan motivasi belajar siswa tersebut adalah siswa banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua yang mendampingi siswa saat melakukan pembelajaran daring. Namun begitu, juga ditemukan bahwa dampak pendampingan daring seperti itu akan berakibat negativ terhadap perkembangan siswa kedepannya. Dampak negatif terhadap perkembangan siswa yaitu siswa lebih tidak peduli atau terkesan meremehkan terhadap setiap tugasnya. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain sehingga menjadikan dirinya pribadi yang kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang mandiri tersebut juga akan sering membuat wali murid kesulitan saat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawab di sekolahnya.Pembelajaran DaringMotivasi BelajarANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSARThesis