BAMBANG SAPRATA2025-08-092025-08-09https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/1068Latar Belakang Kualitas pelayanan adalah tingkat keunggulan yang diharapkan dan pengendalian atas tingkat keunggulan untuk memenuhi keinginan pelanggan. Apabila jasa yang diterima sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas jasa dipersepsikan baik dan memuaskan. Berdasarkan survey awal peneliti permasalahan yang terjadi pada pelayanan kesehatan di Puskesmas Talaga yaitu beberapa fasilitas yang belum memadai, dan banyak pasien yang merasa belum puas sebab lambatnya penangganan keluhan hal ini yang kmudian menyebabkan masyarakat memilih alternatif lain.\ Tujuan penelitian Untuk mengetahui apakah Tangibles (bukti langsung) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Untuk mengetahui Reliability (keandalan) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Untuk mengetahui apakah Responsiveness (daya tanggap) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Untuk mengetahui apakah Assurance (jaminan) berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Untuk mengetahui apakah Empathy (empati) berpengaruh terhadap kepuasan pasien \Metode penelitian dengan pendekatan cross sectional study (studi potong lintang) adapun sampel sebanyak 81 responden penggumpulan data menggunakan kuesioner, analisis univariat dan bivariat yang menggunakan uji chi-square. Hasil uji statistik dengan Chi-square variabel tangible diperoleh nilai p value =0,030 maka hipotesis diterima, variabel reliability di peroleh nilai p value =0,480 maka hipotesis di tolak, variabel responsiveness di peroleh nilai p value =0,892 maka hipotesis di tolak, variabel emphaty di peroleh nilai p value =0,030 maka hipotesis di terima, dan variabel assurance di peroleh nilai p value =0,081 maka hipotesis di tolak. Kesimpulan. Terdapat pengaruh antara dimensi kualitas pelayanan tangible dan emphaty terhadap kepuasan pasien tetapi tidak ada pengaruh dimensi kualitas pelayanan realiability, responsiveness dan assurance dengan kepuasan pasien dipuskesmas kecamatan talaga raya.FaktorPengaruhKualitas pelayanan dan kepuasan pasien.FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS TALAGA RAYAThesis