LUSIA SANTIKA MATURBONGS2025-08-062025-08-06https://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/782Latar Belakang : Pelayanan kesehatan merupakan salah satu komponen dalam sistem kesehatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan sangat penting untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap layanan yang diperoleh. Kepuasan pasien merupakan rasa bahagia ketika sesuatu yang diinginkan dapat terpenuhi. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan berdasarkan dimensi tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Metode : desain penelitian ini merupakan survey deskriptif malalui pendekatan kuantitatif. Hasil : Tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan berdasarkan dimensi tangible 78%, reliability 84%, responsiveness 82%, assurance 88% dan emphaty 83%. Kesimpulan : kualitas pelayanan kesehatan rawat jalan dinilai sudah baik, akan tetapi perlu ditingkatkan lagi kualitas pelayanan kesehatan pada dimensi tangible.: Kepuasan pasienkualitas pelayanan kesehatanrawat jalanGAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS ANTANG KOTA MAKASSARThesis