Repository logo
Communities & Collections
All of DSpace
  • English
  • العربية
  • বাংলা
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Ελληνικά
  • Español
  • Suomi
  • Français
  • Gàidhlig
  • हिंदी
  • Magyar
  • Italiano
  • Қазақ
  • Latviešu
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Српски
  • Svenska
  • Türkçe
  • Yкраї́нська
  • Tiếng Việt
Log In
New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "ARBITHA MAWADDAH M"

Filter results by typing the first few letters
Now showing 1 - 1 of 1
  • Results Per Page
  • Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    PROFIL SISWA BERPRESTASI SMA SEKABUPATEN BANTAENG DITINJAU DARI KEIKUTSERTAAN DALAM EKSTRAKURIKULER ANGGAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-09) ARBITHA MAWADDAH M
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil siswa berprestasi SMA ditinjau dari keikutsertaannya dalam ekstrakurikuler Anggar. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi, dengan jumlah sampel 5 orang siswa siswi SMA sederajat dikabupaten Bantaeng yang terdiri dari 2 orang siswi dari SMA Negeri 1 Bantaeng, 1 orang siswa dari SMK Negeri 5 Bantaeng, 1 orang siswa SMK Negeri 1 Bantaeng, dan 1 orang siswa dari MA As’adiyah Dapoko Bantaeng. Berdasarkan hasil penelitian dari 5 narasumber yang telah diwawancarai sebagai sampel mengatakan bahwa prestasi siswa tidak hanya dapat dipengaruhi oleh kegiatan ekstrakurikuler dengan latihan rutin tetapi juga dengan ikut serta dalam mengikuti ajang pertandingan. Selain itu juga dapat mempengaruhi pola belajar siswa siswi disekolah dengan hasil meningkatnya nilai akademik dari ranah afektif, kognitif, dan psikomotoriknya khususnya pada pembelajaran PJOK serta membentuk karakter siswa yang lebih positif dan saling menghargai satu sama lain. Dari wawancara yang telah diberikan dapat disimpulkan bahwa siswa tersebut mengikuti ekstrakurikuler Anggar merasa bahwa mengikuti kegiatan anggar dapat mempengaruhi pola belajar dan karakteristiknya, dapat merubah pola keseharianya seperti meningkatnya pola belajar, interaksi dan pola latihan yang juga bermanfaat bagi kesehatan jasmani siswa siswi dalam mempengaruhi prestasi akademik disekolah, dan itulah menjadi sebuah faktor atau teori yang disimpulkan sebagai hasil penelitian. Dari wawancara tersebut, maka disimpulkan ada 3 faktor yang berkaitan yaitu dari faktor ranah afektif, kognitif, dan psikomotorik, faktor interaksi dan pola belajar, faktor interaksi dan pola latihan.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback
Repository logo COAR Notify