Browsing by Author "DEDI CAHYONO"
Now showing 1 - 1 of 1
- Results Per Page
- Sort Options
Item Analisis Daya Saing Antara Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swata di Kota Makassar(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-06) DEDI CAHYONOPendahuluan : Persaingan rumah sakit sebagai pemberi jasa layanan kesehatan publik yang semakin ketat sebagai dampak globalisasi telah menggeser paradigma pelayanan jasa dari comparative advantage menjadi competitive advantage. Oleh karena itu rumah sakit seharusnya mampu memberikan respon terhadap hadirnya pesaing dalam insdustri perumahsakitan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Daya Saing Antara Rumah Sakit Pemerintah dan Rumah Sakit Swasta di Kota Makassar. Metode : Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang di lakukan dengan cara triangulasi. Informan yang di pilih sebanyak 4 orang dari kedua rumah sakit menggunakan teknik snowball sampling. Penelitian ini menggunakan teori Porte’s five forces sebagai acuan dalam menganalisis daya saing antar rumah sakit. Hasil : Analisis daya saing di rumah sakit pemerintah tergolong kuat tidak menganggap rumah sakit lain pesaing mereka dari ketiga teori porter. Sedanggan di rumah sakit swasta tergolong rendah ketiga dari kelima kekuatan porter tersebut memberikan ancaman yang kuat sehingga dapat menekan kemampuan daya saing Rumah sakit swasta khususnya terkait persaingan antar rumah sakit karena rumah sakit tidak di dukung oleh sumber daya yang cukup dan fasilitas kesehatan yang kurang lengkap di banding sumah sakit pemerintah. Kesimpulan : Analisi Daya saing antara Rumah Sakit Pemerintah Dan Rumah Sakit Swasta peneliti merumuskan RS Pemerintah lebih memiliki fasilitas yang lebih lengkap, memiliki lahan yang luas dan pembangunannya merata, telah memiliki pelayanan lebih banyak dan mempunyai inovasi-inovasi terbaru. Saran : Sebaiknya rumah sakit lebih aktif lagi dalam memberikan penawaran pelayanan kepada pasien atau mencoba memberikan nilai tambah tersendiri pada pelayanan yang ditawarkan sehingga dapat menarik bagi pasien.