Repository logo
Communities & Collections
All of DSpace
  • English
  • العربية
  • বাংলা
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Ελληνικά
  • Español
  • Suomi
  • Français
  • Gàidhlig
  • हिंदी
  • Magyar
  • Italiano
  • Қазақ
  • Latviešu
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Српски
  • Svenska
  • Türkçe
  • Yкраї́нська
  • Tiếng Việt
Log In
New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "NUR FADHILAH MUCHLIS"

Filter results by typing the first few letters
Now showing 1 - 1 of 1
  • Results Per Page
  • Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA KEPERAWATAN DI UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-19) NUR FADHILAH MUCHLIS
    Latar Belakang: Kegiatan perkuliahan merupakan suatu kewajiban mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan belajar sehari-hari, dan juga merupakan wadah untuk melakukan penelitian sebanyak-banyaknya. Ada beberapa hal yang menjadi pemicu dalam proses perkuliahan, seperti adanya stres dan motivasi mahasiswa. Tingkat stres di Indonesia mengalami peningkatan dan menduduki peringkat tertinggi. Tingkat stres yang terjadi pada kalangan rata-rata usia 20-26 tahun. Motivasi pada mahasiswa akan mendorong untuk mencapai hasil belajar. Salah satu faktor yang akan mempengaruhi motivasi adalah stres. Tujuan: Untuk mengetahui adanya hubungan tingkat stres dengan motivasi belajar pada Mahasiswa Keperawatan. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional dan menggunakan teknik total sampling, data yang diperoleh dari kuesioner tentang penilaian tingkat stres dan motivasi belajar yang diuji menggunakan Chi-Square. Hasil: Hasil dari analisa Univariat yaitu Tingkat stres terbanyak dalam kategori normal sebanyak 27 responden (37,5%), sedangkan untuk Motivasi belajar didapatkan hasil terbanyak dengan kategori motivasi tinggi sebanyak 36 responden (50%). Kesimpulan: Dari hasil uji Chi-Square, menunjukkan nilai 0.009 (<0,05) yang artinya terdapat Hubungan antara tingkat stres dengan motivasi belajar pada Mahasiswa Keperawatan angkatan 2021. Saran: Bagi pihak Prodi S1 Keperawatan, baiknya dilakukan program skrining atau analisis lebih mendalam mengenai tingkat stres pada mahasiswa keperawatan dan bisa mendukung motivasi belajar mahasiswa.

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback
Repository logo COAR Notify