Repository logo
Communities & Collections
All of DSpace
  • English
  • العربية
  • বাংলা
  • Català
  • Čeština
  • Deutsch
  • Ελληνικά
  • Español
  • Suomi
  • Français
  • Gàidhlig
  • हिंदी
  • Magyar
  • Italiano
  • Қазақ
  • Latviešu
  • Nederlands
  • Polski
  • Português
  • Português do Brasil
  • Srpski (lat)
  • Српски
  • Svenska
  • Türkçe
  • Yкраї́нська
  • Tiếng Việt
Log In
New user? Click here to register.Have you forgotten your password?
  1. Home
  2. Browse by Author

Browsing by Author "ODE SISKA"

Filter results by typing the first few letters
Now showing 1 - 1 of 1
  • Results Per Page
  • Sort Options
  • No Thumbnail Available
    Item
    THE EFFECTIVENESS OF WHATSAPP GROUP ON STUDENTS’ WRITING ABILITY ON NARRATIVE TEXT OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS AT SMP NEGERI 17 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) ODE SISKA
    Perkembangan teknologi di zaman modern seperti ini membuat banyak orang terbiasa menggunakan teknologi yang cepat dan mudah diakses untuk informasi dan komunikasi terutama dalam dunia,teknologi yang banyak digunakan dalam Pendidikan, salah satu teknologi informasi adalah media sosial online yaitu media aplikasi WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp group terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif metode eksperimen terdapat dua kelas yaitu kelas experiment menggunakan WhatsApp dan kelas control yang tidak menggunakan WhatsApp. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang terdiri dari 20 siswa untuk kelas experiment dan 20 siswa untuk kelas control. Teknik pengumpula data dalam Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test untuk mengumpulkan data dengan diberikan teks untuk menulis, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada post-test kelas eksperimen memiliki nilai mean 91,50 dan post-test kelas kontrol memiliki nilai mean 89,35 hasil data yang dianalisis dengan menggunkan Paired t-test, menunjukan bahwa Sig.(2-tailed) adalah 0.000 lebih rendah dari 0.05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak sehingga terdapat pengaruh hasil menulis teks naratif siswa setelah menggunakan WhatsApp group. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media aplikasi WhatsApp group efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VII SMP Negeri 17 Makassar

DSpace software copyright © 2002-2025 LYRASIS

  • Privacy policy
  • End User Agreement
  • Send Feedback
Repository logo COAR Notify