Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/39
Browse
Item PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA N 15 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-07) WALIYANAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli melalui metode discovery learning pada siswa kelass X Ips 1 SMA N 15 Makassar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Ips 1 SMA N 15 Makassar yang berjumlah 36 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 19 orang dan siswa perempuan berjumlah 17 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli pada siswa kelas X Ips 1 SMA N 15 Makassar. Dari hasil analisis yang diperoleh terjadi peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil belajar siswa dari siklus I sampai dengan siklus II,, pada kategori tuntas sebanyak 17 siswa pada persentase (47%) dengan nilai rata-rata 75 Pada Siklus I dan pada kategori tuntas sebanyak 36 siswa pada persentase (100%) dengan nilai rata-rata 87 Pada siklus II.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI METODE PASSING BERPASANGAN DALAM PEMBELAJARAN BOLA VOLI PADA SISWA KELAS X IPA SMA NEGERI 10 ENREKANG(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) HAERULLAHPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar teknik dasar passing bawah melalui metode passing berpasangan pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana dalam penelitian ini menggunakan 1 siklus yang dilakukan selama 3 kali pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Enrekang yang berjumlah 26 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode passing berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dalam pembelajaran bola voli pada siswa kelas X IPA SMA Negeri 10 Enrekang. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar di siklus 1 meningkat, dengan persentase ketuntasan 88% pada siklus 1Item UPAYA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PASSING BERPASANGAN PADA SISWA KELAS XI SMA N 12 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) MUHAMMAD ILHAMPermasalahan yang muncul dalam pembelajaran passing atas bola voli siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar banyak mengalami pembelajaran siswa yang tidak bisa melakukan passing atas sehingga bola tidak dapat melambung ke atas, pengambilan bolanya berada di depan dada seharusnya sejajar dengan wajah. Dengan hasil pembelajaran siswa yang rata-rata hasil belajarnya hanya mencapai 10% dari jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui model passing berpasangan pada siswa kelas XI SMA 12 Makassar.Jenis penelitian ini yaitu Penenlitian Tindakan Kelas (PTK). dilakukan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa XI Mipa 7 Makassar yang berjumlah 30 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 14 orang dan siswa perempuan berjumlah 16 orang. Teknik analisis data mengunakan deskriptif kualitatif pengumpulan dari masing-masing item tes, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model passing berpasangan dapat meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Dilihat dari presentase ketuntasan siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 5 siswa dengan presentase 17%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 30 siswa dengan persentase 100%.