Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/39
Browse
8 results
Search Results
Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TYPE MODELLING THE WAY PADA KELAS X MAs MUHAMMADIYAH KABUPATEN ENREKANG(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) JOHANPermasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan passing atas siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah siswa melalui Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way. Penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Penelitian bertempat di MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data awal sebelum penelitian hasil belajar passing bawah permainan bola voli siswa adalah 28% tuntas dari jumlah 5 siswa dan 72% tidak tuntas dari jumlah 13 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa, dapat dilihat pada pada siklus I yang tuntas itu 9 siswa dengan nilai persentase 50% sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa dengan nilai persentase 50% dan siklus II yang tuntas itu 18 siswa dengan nilai persentase 100% sedangkan yang tidak tuntas itu 0 siswa dengan nilai persentase 0%. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Sehingga penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMPN SATAP 5BARAKA KABUPATEN ENREKANG(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) KARTIAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli melaluiMetode Variasi Pembelajaran Siswa Kelas VII SMPN SATAP 5 BarakaKabupaten Enrekang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) populasi dengan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN SATAP 5 Baraka berjumlah 18 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk tes hasil belajarpeningkatan passing bawah pada permainan bola voli adalah Silabus danRPP.Data-data yang diperoleh pada penelitian ini melalui observasi pengolahan melalui variasi pembelajaran, aktivitas siswa, angket motivasi siswa dan tes praktek. Hasil analisis menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar passing bawah melalui metode variasi pembelajaranterhadap siswa kelas VII SMPN SATAP 5 Baraka Kabupaten Enrekang pada cabang olahraga bola voli dengan nilai rata-rata siklus I berjumlah 77 dan nilai rata-rata siklus II berjumlah 83.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA BAN TARGET PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 BANTAENG(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) NUR ANNISAPenelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui media ban target pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bantaeng. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 3 Bantaeng yang berjumlah 23 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 16 orang dan siswa perempuan berjumlah 7 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Penelitian Tindakan Kelas, hasil penelitian dapat digambarkan bahwa upaya meningkatkan hasil belajar passiang atas pada permainan bola voli melalui media ban target pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bantaeng meningkat, berdasarkan hasil observasi pada siklus I hasil belajar passing atas bola voli dalam kategori tuntas adalah sebanyak 10 siswa dengan presentase 43%,kemudian pada siklus II terjadi peningkatan persentase dalam kategori tuntas adalah sebanyak 23 siswa dengan persentase 100% berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahawa upaya meningkatkan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui media ban target dapat meningkat pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Bantaeng.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS X IPS 2 SMA NEGERI 13 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) YULIANA AKHRIANIPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar permainan bola voli melalui variasi pembelajaran pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 13 Makassar 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes dan Dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa presentase jumlah siswa yang mencapai skor > 75 atau yang memiliki kategori tinggi yaitu 83,33% pada siklus I, setelah melakukan perbaikan pada tindakan atau presentase jumlah siswa yang mencapai kriterial dengan skor > 75 atau yang memiliki kategori timggi meningkat menjadi 100% yang berarti sudah mencapai indikator keberhasilan.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS IX 1 SMP NEGERI 8 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) MIA HIDAYANIPenelitian ini bertujuan meningkatkan passing bawah sebagai data psikomotor, kognitif, dan afektif melalui metode Bola Berantai dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II melewati tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 36 siswa. Hasil belajar passing bawah menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 21 orang dengan persentase 58,33%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 36 orang dengan persentase 100% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui metode bola berantai pada pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar.Item UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DASAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA VISUALPADA SISWA KELASIX SMPN 19 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-29) A.FARHUM SETIAWANPenelitian ini bertujuan untuk menigkatkan kemampuan Teknik Dasar passing bawah Pada Permainan Bola Voli Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 19 Makassar Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan,tindakan,observasi,dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 19 Makassar yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, onservasi, dokumentasi, dan catatan lapangan.Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembelajaran passing bawahdapat meningkatkan kemampuan teknik dasar passing bawah Pada siswa kelas IX SMP Negeri 19 Makassar. Hasil data yang diperoleh dari hasil data siklus I siswa yang tuntas 37,5% dengan frekuensi 12 siswa, Kemudian meningkat pada siklus II dan siswa yang tuntas 93,75% dengan frekuensi 30 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui pembelajaran passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas IX SMP Negeri 19 Makassar Tahun pelajaran 2019\2020.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PASSING ATAS SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 8 JENEPONTO(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-26) ILMANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran pada sis akelas XI IPS SMA Negeri 8 Jeneponto. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang mana setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Observasi, Dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Ips SMA Negeri 8 Jeneponto yang berjumlah 27 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes, Dokumentasi, Dan Observasi. Hasil belajar bola voli pada siklus I dalam kategori tuntas adalah 74.07% yakni berjumlah 20 orang. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar bola voli pada siswa dalam kategori tuntus sebesar 100% dengan jumlah siswa yang tuntas yakni 27 orang. Peningkatan hasil belajar siswa dalam Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam Upaya meningkatkan hasil belajar passing atas pada permainan bola voli melalui variasi pembelajaran siklus I ke siklus II Tercapai.Item SURVEI TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 8 JENEPONTO(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-01-02) SATRIANIVariabel dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan permainan bola voli. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Jeneponto dengan populasi sebanyak 20 siswa dan jumlah dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa yaitu 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.penelitian ini menggunakan instrument Tes Keterampilan Bola voli yaitu: tes passing atas, tes passing bawah, tes servis atas, tes servis bawah, tes smash, dan tes blok/bendungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti tes keterampilan dasar bola voli, sebanyak 9 siswa yang berkategori sedang sebesar (45%), sebanyak 5 siswa atau sebesar (25%) termasuk kategori tinggi, sebanyak 3 siswa atau sebesar (15%) yang berkategori rendah, sebanyak 2 siswa atau (10%) yang berkategori sangat tinggi, sebanyak 1 siswa atau sebesar (5%) termasuk kategori sangat rendah. Maka dapat di simpulkan bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola voli siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 8 Jeneponto dalam kategori “sedang” sebanyak 9 siswa atau dengan persentase (45%).