Lecturers and Researchers Paper

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/32

Browse

Search Results

Now showing 1 - 6 of 6
  • Item
    FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI GAYA DAN PESAWAT SEDERHANA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) ETRIANI
    Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar yang dihadapi oleh siswa pada mata pelajaran IPA Materi Gaya dan Pesawat Sederhana di kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar pada mata pelajaran IPA materi gaya dan pesawat sederhana di kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi Penelitian di jln. Amd Tamangapa Raya IV/13, bangkala, Kec. Manggala Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi data tersebut dianalisis dengan menggunakan analisi data Interaktif Analisis Model. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kesulitan dalam belajar IPA yaitu kesulitan memahami materi soal. Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar adalah faktor internal, kondisi tubuh dan mental, kecerdasan siswa, sikap siswa dalam pembelajaran, minat siswa terhadap pembelajaran, motivasi siswa terhadap pembelajaran, dan kebiasaan saat belajar. Faktor eksternal diantaranya, tingkat perhatian orang tua. Untuk memecahkan masalah pada siswa yang berkesulitan belajar IPA yang berasal dari dalam siswa di lakukan dengan conditional, kesulitan yang berasal dari sistem pembelajaran dan metode belajar yang dilakukan dengan remedial teaching sedangkan kesulitan yang berasal dari luar dari siswa perlu dilakukan seperti melengkapi saranan dan prasarana.
  • Item
    PENGARUH PEMBELAJARAN HOME VISIT METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SD INPRES BORONG JAMBU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) IMMA
    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Home Visit Method terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata pretest adalah 51,15 dan nilai rata-rata posttest adalah 82,50. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil homogenitas 0,713 > 0,05 (homogen), hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kreteria sig (0,000) < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Home Visit method terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V di SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.
  • Item
    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECK PADA SISWA KELAS III SD INPRES BANGKALA III KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) NURSIAH
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar melalui penerapan model pembelajaran Pair Check. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Makassar dengan jumlah siswa sebanyak 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 74% dengan nilai rata-rata 76,4 atau 17 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 87% dengan nilai rata-rata 85,4 atau 20 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Inpres Bangkala III Kecamatan Manggala Kota Kota Makassar melalui model pembelajaran Pair Check.
  • Item
    PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS IV SD INPRES NO 173 SIDENRE KECAMATAN BINAMU KABUPATEN JENEPONTO
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) Nuraeni
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan Menggunakan Model Time Token. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom) Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre dengan jumlah siswa sebanyak 15 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, Angket dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan pada tiap siklusnya yang ditandai dengan kategori cukup, siklus I ketuntasan belajar siswa yaitu 73% dengan nilai rata-rata 78,67 atau 11 siswa yang tuntas kemudian meningkat pada siklus II ketuntasan belajar siswa adalah 87% dengan nilai rata-rata 85 atau 13 siswa yang tuntas hingga mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa terjadi peningkatan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD Inpres No 173 Sidenre melalui model pembelajaran Time Token.
  • Item
    PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) Yulmitasari
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan semua kelas IV ,V, dan VI SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar yang terdiri dari 179 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 57 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif, perhatian orang tua dengan jumlah 4,496 berada pada kategori baik dan prestasi belajar dengan jumlah 371,63 berada pada kategori baik. Analisis prasyarat hasil uji normalitas perhatian orang tua 0,489 dan prestasi belajar 0,067> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,264 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,896 > 0,05 dengan demikian terdapat linear perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Analisis inferensial Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar
  • Item
    The parenting of single parents in forming discipline for ibtidaiyah madrasah students
    (Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2023-07-22) SATRIAWATI
    This article is motivated by student discipline records that show promising results. This disciplinary background cannot be separated from how single parents educate students in the family. This condition is certainly not in line with the theory of student discipline, where students with good discipline come from families that are intact and compact in educating their children. This article aims to find out and describe the Single Parent Parenting Pattern in Shaping the Discipline of MI Darussalam Pacet Mojokerto Students and the Causes of Single Parenting Patterns in Shaping the Discipline of MI Darussalam Students Pacet Mojokerto. This article has used a qualitative type with a case study approach centered on one well-disciplined student with divorced parents. The results of this study are 1) Parenting applied by single parents to students using a combination of authoritarian and authoritative parenting. 2) The causal factors are classified into internal and external.