Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/39
Browse
5 results
Search Results
Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERPASANGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 GOWA(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-19) DELJI PAWARRANGANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Passing Bawah bola voli melalui metode pembelajaran metode berpasangan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Gowa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimana pertemuan pertama merupakan kegiatan pembelajaran dan pertemuan kedua adalah dilakukan tes atau penilaian seperti kognitif, afektif dan psikomotorik, untuk mengetahui hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. A SMK Negeri 2 Gowa yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 7 siswa pria serta 29 siswa wanita. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam riset ini ialah uji, observasi serta dokumentasi. Bersumber pada hasil riset menampilkan kalau lewat tata cara berpasangan yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar teknik passing bawah dalam pembelajaran bola voli siswa kelas XI.A SMK Negeri 2 Gowa. Perihal ini bisa dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar di siklus I dan siklus II bertambah dengan persentase ketuntasan 53% pada siklus I serta persentase ketuntasan 97% pada siklus II.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII SMPN SATAP 5BARAKA KABUPATEN ENREKANG(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-14) KARTIAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli melaluiMetode Variasi Pembelajaran Siswa Kelas VII SMPN SATAP 5 BarakaKabupaten Enrekang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) populasi dengan penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN SATAP 5 Baraka berjumlah 18 orang siswa. Instrument yang digunakan untuk tes hasil belajarpeningkatan passing bawah pada permainan bola voli adalah Silabus danRPP.Data-data yang diperoleh pada penelitian ini melalui observasi pengolahan melalui variasi pembelajaran, aktivitas siswa, angket motivasi siswa dan tes praktek. Hasil analisis menunjukan bahwa ada peningkatan hasil belajar passing bawah melalui metode variasi pembelajaranterhadap siswa kelas VII SMPN SATAP 5 Baraka Kabupaten Enrekang pada cabang olahraga bola voli dengan nilai rata-rata siklus I berjumlah 77 dan nilai rata-rata siklus II berjumlah 83.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF PADA SISWA KELAS VIII SMPN SATAP 1 TELLULIMPOE KAB BONE(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) MUHAMMAD RAHMADANPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan passing bawah dalam bola voli melalui metode pembelajaran aktif pada siswa kelas VIII SMPN satap 1 tellu lempoe kab. Bone. Dalam Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang dilakukan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini adapun subjeknya adalah SMPN Satap 1 Tellu Lempoe Kelas XIII yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui metode pembelajaran aktif dalam permainan bola voli kelas XIII Satap 1 Tellu Lempoe. Hasil yang diperoleh dari data siklus I dengan niai rata-rata 78 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 81 dari jumlah siswa 22 orangItem UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH PADA PEMBELAJARAN BOLA VOLI MELALUI MODEL KOOPERATIF PADA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 MAMBI KABUPATEN MAMASA(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) HASRIADI ASTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan passing bawah pada permainan bola voli melalui model pembelajaran kooperatif pada kelas VIII A SMP Negeri 1 Mambi Kabupaten Mamasa. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan minimal dalam 2 siklus atau lebih. Tindakan yang diberikan adalah model pembelajaran koperatif pada permainan bola voli passing bawah. Sesuai dengan hakikat penelitian tindakan kelas maka prosedur pelaksanaan penelitian untuk masing-masing siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian pada pembelajaran passing bawah dengan metode kooperatif pada siswa SMPN 1 Mambi Kabupaten Mamasa dengan perlakuan 2 siklus dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kasus ini dapat dibuktikan dari hasil observasi awal jumlah siswa yang mencapai KKM 75 baru 7 orang, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 11, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 19 orang yang mencapai nilai KKM 75. Ini artinya bahwa ketuntasan klasikal dalam kelas ini sudah mencapai lebih dari 75% siswa yang tuntas belajar.Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI METODE BOLA BERANTAI PADA SISWA KELAS IX 1 SMP NEGERI 8 MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-05-03) MIA HIDAYANIPenelitian ini bertujuan meningkatkan passing bawah sebagai data psikomotor, kognitif, dan afektif melalui metode Bola Berantai dalam meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan masing-masing di siklus I dan siklus II melewati tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek adalah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar yang berjumlah 36 siswa. Hasil belajar passing bawah menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 21 orang dengan persentase 58,33%, sedangkan jumlah siswa yang tuntas di siklus II adalah 36 orang dengan persentase 100% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui metode bola berantai pada pembelajaran passing bawah bola voli dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa kelas IX 1 SMP Negeri 8 Makassar.