Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/41
Browse
Item INCREASING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY THROUGH PICTURES CARDS AT THE TENTH GRADE SOCIAL SCIENCE OF SMA NEGERI 19 MAKASSAR(PERPUTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-04) RENIPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa melalui kartu bergambar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020 sebagai subjek penelitian. Subjek penelitian ini terdiri dari 22 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh Arikunto yang terdiri dari dua siklus. Di setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kartu bergambar berhasil meningkatkan penguasaan kosakata siswa, hal ini terlihat dari nilai rata rata siswa kelas X IPS 2. Nilai rata-rata pada siklus I ( 68,22) dan nilai rata-rata pada siklus II (80,72). Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus yang ke-II lebih baik dari siklus I. Persentase siswa yang memenuhi kriteria juga ketuntasan juga meningkat. Pada siklus I terdapat 36,3% ( 8 siswa) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pada siklus ke-II terdapat 81,8% (18 siswa) yang memenuhi kriteria minimum (KKM). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penguasaan kosakata siswa kelas X IPS 2 SMA Negeri 19 Makassar dapat meningkat melalui kartu bergambar.