S1 English Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/37

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 27
  • Item
    THE EFFECTIVENESS OF ROLE PLAY IN TEACHING SPEAKING SKILL OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 19 MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) MULDI LUMILING
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefktivan Bermain Peran dalam pengajaran keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 19 Makassar apakah ada perbedaan yang significan antara siswa yang dilatih keterampilan berbicara dengan menggunkankan metode konvensional dengan siswa yang menggunakan teknik Bermain Peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah pre-test and post-test designd. Sampel penelitian ini andalah 60 siswa. Peneliti menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik Bermain Peran dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Sebelum memberikan perlakuan, peneliti memberikan pre-test di kedua kelas. Dan pada tahap terakhir peneliti memberikan post-test pada kedua kelas setelah memberikan perlakuan untuk mengetahui apakah teknik Bermain Peran efektif dalam mengajar keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pre-test di kelas eksperimen (59,87) dan kelas kontrol (60,93). Rata-rata post-test kelas eksperimen (82,40) lebih tinggi dari post-test kelas kontrol (64,53). Artinya ada perbedaan antara siswa yang menggunakan teknik Bermain Peran dan siswa yang menggunakan metode konvesional. Dengan demikian, penajaran berbicara dengan dengan menggunakan teknik bermain peran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, disarankan teknik Bermain Peran dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran yang efektif bagi guru untuk mengajarkan ketempilan berbicara dan untuk peneliti selajuntnya dapat menggunakan jenis penelitian yang sama dengan kondisi yang berbeda
  • Item
    THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO IN TEACHING SPEAKING OF THE SEVENTH GRADE STUDENTS’ AT SMP NEGERI 17 MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) LUTFI JASMAN
    Perkembangan teknologi pun berkembang pesat. Perkembangannya sudah hampir sektoral, ekonomi, politik dan pendidikan sudah menerapkan teknologi. salah satunya penggunaan video. Video dapat digunakan sebagai solusi untuk mengatasi rendahnya kemampuan siswa dalam memahami suatu konsep Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh WhatsApp group terhadap kemampuan menulis teks naratif siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif metode eksperimen terdapat dua kelas yaitu kelas experiment menggunakan Video dan kelas control yang tidak menggunakan Video. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII yang terdiri dari 32 siswa untuk kelas experiment dan 32 siswa untuk kelas control. Teknik pengumpula data dalam Penelitian ini menggunakan pre-test dan post-test untuk mengumpulkan data dengan diberikan teks untuk menulis, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada post-test kelas eksperimen memiliki nilai mean 74,69 dan post-test kelas kontrol memiliki nilai mean 72,66. Hasil data yang dianalisis dengan menggunkan independent sample t-test, menunjukan bahwa Sig.(2-tailed) adalah 0.000 lebih rendah dari 0.05 sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak sehingga terdapat pengaruh penggunaan video dalam pengajaran berbicara untuk siswa setelah menggunakan video. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 17 Makassar
  • Item
    FORMULASI SEDIAAN TISU BASAH EKSTRAK ETANOL BONGGOL NANAS (Ananas comosus L.) DAN UJI IRITASI TERHADAP MENCIT (Mus musculus ) JANTAN
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-14) NURUL HIKMA
    Nurul hikma (NIM : D1B123044). Formulasi Sediaan Tisu Basah Ekstrak Etanol Bonggol Nanas (Ananas comosus L.) dan Uji Iritasi terhadap Mencit (Mus musculus) Jantan. (Dibimbing oleh Muhammad Yusuf dan Mifta Khaerati Ikhsan) Sumber daya alam yang dihasilkan memiliki manfaat yang sangat besar dan beragam, salah satunya adalah bermanfaat terhadap pembuatan bahan baku kosmetik untuk kecantikan. Ada berbagai macam produk kecantikan yang telah dihasilkan dari bahan alam salah satunya adalah Tisu basah yang berfungsi sebagai antibakteri serta dapat melembabkan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk memformulasikan ekstrak bonggol nanas (Ananas comosus L.) menjadi sediaan Tisu Basah, mengetahui stabilitas mutu fisik, aktivitas antibakteri, iritasinya terhadap kulit serta mengetahui daya terima sediaan Tisu Basah melalui uji hedonik. Sediaan Tisu Basah dibuat 4 formulasi dengan memvariasikan konsentrasi ekstrak sebanyak 3%, 4%, 5% serta tanpa ekstrak selanjutnya dilakukan pengujian seperti uji organoleptik, uji pH, uji homogenitas, uji kestabilan berat, uji antibakteri, uji iritasi kulit serta uji hedonik. Hasil penelitian menunjukkan sediaan Tisu Basah sebelum dan setelah Cycling test memiliki bau yang khas dengan warna putih gading dan tekstur yang berserat, pH 4,74-5,44, kestabilan berat 1,14%-2,70%, dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus pada konsentrasi 3%-5%, serta tidak mengiritasi kulit. Pada uji hedonik sebelum dan setelah Cycling test formula 2 memiliki daya terima yang baik
  • Item
    STUDENTS’ PERCEPTION OF THE USE OF CARTOON MOVIE AS A MEDIA IN LEARNING VOCABULARY AT SENIOR HIGH SCHOOL
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) SUCIATI
    Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk menganalisis persepsi siswa tentang penggunaan film kartun sebagai media dalam pembelajaran kosakata. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas sepuluh SMA Negeri 10 Gowa sebanyak 36 siswa tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, mendisplay data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa para responden menggunakan tiga aspek persepsi yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek konatif. Dari ketiga aspek tersebut terdapat dua aspek yang dominan yaitu aspek kognitif dan aspek afektif. Hasil persepsi siswa menunjukan bahwa penggunaan film kartun sebagai media dalam pembelajaran kosakata sangat bagus karena siswa mendapatkan banyak kosakata baru, siswa menjadi tahu pengucapan kata dan penulisan kata yang benar, menjadi lebih senang belajar bahasa Inggris, lebih semangat untuk belajar dan mengingat banyak kosakata baru
  • Item
    THE TEACHERS’ STRATEGIES IN OVERCOMING STUDENTS’ SPEAKING PROBLEMS AT SMAN 1 SELAYAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-13) RIA REZEKI
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui masalah siswa dalam berbicara dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi masalah berbicara siswa di kelas SMAN 1 Selayar. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Ada 215 siswa di SMAN 1 Selayar yang terdiri dari enam kelas dan satu guru yang mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di SMAN 1 Selayar. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. peneliti menggunakan observasi, angket dan wawancara sebagai instrumen peneliti untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian adalah terdapat dua puluh siswa sebagai sample dalam penelitian ini terdapat (65%) setuju dan (10%) sangat setuju bahwa tidak dapat memikirkan apa pun untuk dikatakan dan (55%) siswa setuju dan (5%) sangat setuju bahwa mereka gugup untuk berbicara dalam bahasa Inggris. . Masalah siswa yang dominan terjadi pada siswa di SMAN 1 Selayar adalah siswa tidak bisa memikirkan apa pun untuk dikatakan dan gugup ketika ingin berbicara dalam bahasa Inggris. Sementara itu, ada beberapa strategi yang digunakan guru dalam mengatasi masalah berbicara siswa di SMA Negeri 1 Selayar, seperti strategi Role play, sebagai strategi untuk mengeksplorasi pemikiran mereka sendiri berdasarkan tema yang diberikan, diskusi sebagai strategi untuk membuat siswa berbicara bahasa Inggris. Lebih luas lagi, sebagai strategi untuk membuat siswa lebih memahami topik yang diberikan, Games sebagai strategi untuk memperkaya kosa kata bahasa Inggris mereka. Yang dominan digunakan adalah strategi Role play.
  • Item
    IMPROVING STUDENTS’ READING SKILL THROUGHPREVIEW, ASK QUESTION, READ AND SUMMARIZE STRATEGY (PAQRS) OF SMA NEGERI 19 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-13) MONALISA
    lls of speaking, listening and writing. The aim of this research is to know the improvement of students’ reading skill through the PAQRS strategy in class XI (Social Studies I) at SMA Negeri 19 Makassar. This research used a classroom action research (CAR) that conducted in two cycles, namely in each cycle consisted of: planning, action, observation and reflection. In cycle consists of four times meetings accompanied by a test. In collecting data, researcher used quantitative data (test) as the main and qualitative data (interviews, and field notes) as supporting data. The results of study showed that there were students (18.91%) who achieved the minimum completeness criteria and the average of students was 67.35 in the first cycle test. While there were 30 students (81.08%) who achieved the graduation criteria and the average of the students was 76.72 in the second cycle test. From result of the research show that the average of students increases from cycle 1 to cycle 2. The conclusion of this study that PAQRS strategy successful improves students’ reading skills.
  • Item
    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DIALOG SISWA KELAS DUA DI SMA NEGERI 19 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) NURUL KHUSNUL AGUS
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2018/2019 melalui kegiatan dialog dan untuk meneliti situasi di kelas ketika dialog diterapkan pada kelas berbicara Bahasa Inggris di kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimulai tanggal 27 Mei hingga 31 Juli 2019 di kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 yang terdiri dari 7 putri dan 19 putra. Data pada penelitian ini di di sajikan secara kuantitatif (test speaking) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara dan foto) sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata” siswa meningkat dari pre-test ke siklus 2. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 71.65 dimana terdapat 5 orang siswa (19.2%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum, pada siklus pertama nilai rata-rata 78.73 dimana terdapat 10 orang siswa (38.4%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum, dan pada siklus ke dua nilai rata-rata 86.80 dimana terdapat 23 orang siswa (88.4%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum. Selanjutnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dialog dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.
  • Item
    IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION IN NARRATIVE TEXT THROUGH PICTURE STORIES AT SMA NEGERI 12 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) JENITA RATI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan cerita bergambar dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada teks naratif di SMAN 12 Makassar tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. setiap siklus terdiri atas empat kali pertemuan. Data dalam penelitian ini di sajikan secara kuantitaf (Test) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi) sebagai data pendukung. Peneliti menggunakan cerita bergambar sebagai media untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa di dalam teks naratif pada siswa kelas XI IPS 2 yang terdiri dari 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa meningkat dari pre-test ke test pada siklus ke 2. Nilai rata-rata siswa pada pre-test adalah 36.34 dimana terdapat 1 orang siswa (3.84%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum, pada siklus pertama nilai rata-rata siswa adalah 67.73 dimana terdapat 4 orang siswa (15.38%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum, dan pada siklus ke dua, nilai rata-rata siswa adalah 83.46 dimana terdapat 24 orang siswa (92.30%) yang mencapai kriteria ketuntasan minimum. Selanjutnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengunaan cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada teks naratif
  • Item
    THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND READING COMPREHENSION OF STUDENTS AT SMA NEGERI 13 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) MARWAH ACHMAD
    Penguasan kosakata sangat penting dalam pemahaman membaca dan menentukan seberapa baik siswa dalam memahami teks. Hal tersebut menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuannya adalah 1) untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa dan pemahaman bacaan siswa kelas sepuluh SMA Negeri 13 Makassar; 2) untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 13 Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode desain korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa, dari jumlah populasi tersebut diambil sampel sebanyak 36 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Data penguasaan kosakata dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda sedangkan data pemahaman membaca dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Hasil dari penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment dengan aplikasi SPSS 22.0. Hasil perhitungan statistik antara variabel X dan Y bertanda positif dengan rxy sebesar 0,482. Kemudian rxy dibandingkan dengan rtable product moment pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sample 36 siswa, didapat bahwa rxy > rtable yaitu 0.482 > 0.329 dalam tingkat hubungan yang rendah. Oleh karena itu, hipotesis satu (H1) diterima sedangkan Hipotesis Null (𝐻0) ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa pada SMA Negeri 13 Makassar. Hal ini membuktikan bahwa semakin banyak pembendaharaan kosakata bahasa inggris yang dimiliki siswa, maka semakin baik pula pemahaman membaca mereka.
  • Item
    AN ANALYSIS OF TRANSLATION METHOD USED BY STUDENTS OF THE SIXTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT AT MEGAREZKY UNIVERSITY
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) SARMILA
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penerjemahan yang digunakan oleh mahasiswa dan alasan mereka menggunakannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada mahasiswa semester enam prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Megarezky Makassar. Penelitian ini menggunakan lima sampel dengan Teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan instrument, observasi, test, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa metode translation yang digunakan dalam menerjemahkan oleh siswa, dari delapan metode terjemahan mahasiswa hanya menggunakan empat metode translation, yaitu word by word translation, literal translation, free translation, dan semantic translation. Dimana siswa menggunakan metode dua sampai empat metode dalam menerjemahkan, dan alasan mereka menggunakan metode tersebut karena metode tersebut mudah diaplikasikan dalam menerjemahkan. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa dari kedelapan metode tersebut hanya empat metode translation yang sering di pakai oleh siswa karena mudah untuk diaplikasikannya.