Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/31
Browse
Item KOMPARASI KEEFEKTIFAN METODE TUTOR SEBAYA DENGAN METODE PEMBELAJARAN BERKELOMPOK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 5 SD(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) IRWIN BUDIANTOPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui komparasi keefektifan metode tutor sebaya dengan metode pembelajaran berkelompok dalam pembelajaran tematik kelas 5 SD Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 190 Ballere dengan jumlah 10 orang dan siswa kelas V SDN 191 Ballere dengan jumlah siswa sebanyak 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, angket, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa 1) Metode tutor sebaya efektif dalam pembelajaran tematik ditinjau dari aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. 2) Metode pembelajaran berkelompok efektif dalam pembelajaran tematik ditinjau dari aktivitas siswa, respon siswa, dan hasil belajar siswa. 3) Metode tutor sebaya dan metode pembelajaran berkelompok tidak memiliki perbedaan keefektifan dalam pembelajaran tematik ditinjau dari indikator keefektifan. 4) Metode tutor sebaya lebih efektif dibandingkan metode pembelajaran berkelompok dalam pembelajaran tematik ditinjau dari indikator keefektifan