Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/31
Browse
Item PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-04-23) ROSDIANAPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dengan menggunakan Skala liker. Teknik pemilihan sampel menggunakan sampel jenuh yang terdiri dari 92 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial adapun hasil analisis data yang diperoleh setelah uji angket yaitu dengan persentase 63% dari frekuensi 58 dengan kategori baik di lingkungan sekolah,, lingkungan keluarga persentase 51,1% dari frekuensi 47 dengan kategori baik Sedangkan pembentukan karakter persentase 57,6% dari frekuensi 53 dengan kategori baik. Uji F dapat di lihat dari hasil f hitung lebih besar dari f tabel (34,219 > 2,72), dengan tingkat signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Di simpulkan bahwa variabel lingkungan sekolah dan lingkungan keluarga secara bersama-sama berpengaruh terhadap pembentukan karakter peserta didik.Item PENGARUH BUDAYA LITERASI POJOK BACA TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENULIS MURID KELAS IV SD NEGERI KASSI KOTA MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-25) NURFADILLAHMinimnya akses literasi dan rendahnya keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IV SD Negeri Kassi Kota Makassar menjadi masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IV di SD Negeri Kassi Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental dengan bentuk one group pretest posttest design. Sampel pada penelitian ini adalah murid kelas IVB SD Negeri Kassi Kota Makassar yang terdiri dari 27 murid dengan penentuan sampel menggunakan non-probability sampling dengan teknik sampling insidental. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata budaya literasi pojok baca pada aktivitas guru adalah 3,98 berada pada kategori baik dan pada aktivitas murid adalah 3,97 berada pada kategori baik. Nilai rata-rata posttest keterampilan membaca adalah 83,29 berada pada kategori baik dan pada posttest keterampilan menulis adalah 83,59 berada pada kategori baik. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis adalah 0,200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas adalah pada keterampilan membaca 0,441 > 0,05 (homogen) dan pada keterampilan menulis 0,129 > 0,05 (homogen). Hasil uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan nilai sig 0,000 pada keterampilan membaca dan menulis dengan kriteria sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh budaya literasi pojok baca terhadap keterampilan membaca dan menulis pada murid kelas IVB SD Negeri Kassi Kota MakassarItem PENERAPAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN LEMOA KABUPATEN. GOWA(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-28) MUH.HAJRIMJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan agama islam dan siswa SDN Lemoa Kab. Gowa. Pada penelitian ini menemukan kurangnya pemahaman siswa terkait dengan persoalan dengan keagamaan, sehingga tujuan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini bisa menjadikan perantara agar siswa lebih belajar dan megambil pelajaran pada kegiatan tersebut, Tujuan kegiatan keagamaan ini tidak lain untuk mengajarkan siswa menanamkan nilai-nilai moral dan etika, Membangun disiplin dan tanggung jawab, Meningkatkan kemandirian dan kepemimpinan dan menumbuhkan sikap reflektif dan introspeksi. Hasil penelitian ini menemukan Sudah diterapkan dengan baik, dimana pada penerapan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan di SDN Lemoa Kab.Gowa ini dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu yaitu pada hari jumat, Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh siswa SDN Lemoa dan dibimbing langsung oleh gurunya. pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan di SDN Lemoa yaitu dengan melakukan kegiatan jumat ibadah ini bertujuan agar siswa lebih memahami persoalan terkait dengan keagamaan, dan dengan kegiatan jumat ibadah ini siswa diajarkan untuk percaya diri, berani dan disiplin. Adapun Hasil yang didapatkan oleh peneliti dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang diterapkan di SDN Lemoa Kab.Gowa yakni kegiatan ini sangat berepengaruh bagi siswa, dimana kegiatan ini memberikan dampak bagi perkembangan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa, melalui Kegiatan ini siswa mampu mengambil pembelajaran yang diberikan langsung oleh guru guru di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran hal tersebut guna menunjang kebutuhan peserta didik dalam penyaluran minat dan bakatnya diluar jam pelajaran. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini guru mengaharapkan dengan penerapan kegiatan jumat ibadah dan BTQ ini mampu memberikan perkembangan bagi siswa baik dalam perkembangan nilai-nilai keagamaan dan perkembangan karakter seperti kecerdasan, keterampilan dan sikap atau perilaku. Kata