Faculty of Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5
Browse
Item PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KREATIVITAS BERPIKIR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SD INPRES ANTANG 1 KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-16) YOSEFIKUS HENSIJHONn ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model embelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC) erhadap kreativitas berfikir siswa pada mata pelajaran IPS SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan bentuk pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VC sebanyak 28 orang yang terdiri dari 14 laki laki dan 14 perempuan. Adapun teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC) mendapatkan rata-rata 3,2 yang berarti terlaksana dengan baik. Adapun hasil belajar siswa VC digambarkan dengan hasil dari analisis inferensial dimana di uji normalitas 0,103 uji homogenitas 0,186 dan hasil uji T 0.000, sehingga hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kreativitas berfikir siswa pada mata pelajaran IPS SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Jadi, melalui hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Coperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berpengaruh terhadap kreativitas berfikir siswa pada mata pelajaran IPS SD Inpres Antang 1 Kota Makassar.