Faculty of Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5
Browse
Item AN ANALYSIS OF STUDENTS' ERRORS IN WRITING RECOUNT TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL(2025-08-04) NILAM SARI SAFITRIPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi pada tulisan siswa dan jenis-jenis kesalahan yang biasa dilakukan oleh siswa ketika menulis teks recount di SMA Negeri 14 Gowa pada tahun ajaran 2023/2024. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah tiga puluh siswa dari kelas sebelas XI IPA Satu. Penelitian ini menggunakan instrumen dokumentasi dan wawancara untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa adalah kesalahan kesepakatan kata kerja, kesalahan bentuk kata kerja, kesalahan kalimat, dan kesalahan ejaan. Tingkat rata-rata level tulisan siswa adalah empat belas siswa berada pada level “baik” untuk kesalahan subject verb agreement. Tiga puluh siswa berada pada tingkat “tidak memuaskan” untuk kesalahan bentuk kata kerja. Dua puluh sembilan siswa berada pada level “tidak memuaskan” untuk kesalahan struktur kalimat, dan dua puluh tiga siswa berada pada level “memuaskan” untuk kesalahan ejaan. Sementara itu, ada dua faktor yang mungkin menyebabkan terjadinya kesalahan pada siswa dalam menulis teks recount, yaitu transfer interlingual dan intralingual. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa ada empat jenis kesalahan dan dua jenis faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan pada siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 14.Item AN ANALYSIS OF TRANSLATION METHOD USED BY STUDENTS OF THE SIXTH SEMESTER OF ENGLISH EDUCATION DEPARTMENT AT MEGAREZKY UNIVERSITY(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) SARMILAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penerjemahan yang digunakan oleh mahasiswa dan alasan mereka menggunakannya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan pada mahasiswa semester enam prodi Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Megarezky Makassar. Penelitian ini menggunakan lima sampel dengan Teknik purposive sampling. Peneliti menggunakan instrument, observasi, test, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa metode translation yang digunakan dalam menerjemahkan oleh siswa, dari delapan metode terjemahan mahasiswa hanya menggunakan empat metode translation, yaitu word by word translation, literal translation, free translation, dan semantic translation. Dimana siswa menggunakan metode dua sampai empat metode dalam menerjemahkan, dan alasan mereka menggunakan metode tersebut karena metode tersebut mudah diaplikasikan dalam menerjemahkan. Oleh karena itu peneliti menyimpulkan bahwa dari kedelapan metode tersebut hanya empat metode translation yang sering di pakai oleh siswa karena mudah untuk diaplikasikannya.Item ANALISIS KEBUGARAN JASMANI SISWA EKSTRAKURIKULER PENCAK SILAT TAPAK SUCI MTs MUHAMMADIYAH TONGKO KABUPATEN ENREKANG(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2024-12-23) NURSYAFITRIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa Ekstrakurikuler Pencak Silat Tapak Suci Mts Tongko. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat kebugaran jasmani. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler pencak silat tapak suci Mts Tongko dengan jumlah sampel sebanyak 15 siswa yaitu 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan instrumen Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) untuk usia 13-15 tahun yaitu: tes lari 50 meter, tes gantung angkat tubuh/gantung siku tekuk 60 detik, tes baring dududk 60 detik, tes loncat tegak, dan tes lari 1000/800 meter. Teknik analisis data data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan menggunakan analisis statistik dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Science).Dari tabel kebugaran jasmani siswa Ekstrakurikuler pencak silat tapak susi MTs Muhammadiyah Tongko kabupaten Enrekang secara keseluruhan, dapat dijelaskan yaitu dari 15 siswa yang mendapatkan klasifikasi baik sekali sebanyak 0 siswa dengan persentase 0%, klasifikasi baik sebanyak 1 siswa dengan persentase 6,7%, klasifikasi sedang sebanyak 13 siswa dengan persentase 86,7%, klasifikasi kurang sebanyak 1 siswa dengan persentase 6,7%, klasifikasi kurang sekali sebanyak 0 siswa dengan persentase 0%. Makah dapat di simpulkan bahwa keseluruhan tingkat kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler pencak silat tapak suci MTs Muhammadiyah Tngko Kabupaten Enrekang dalam kategori “Sedang”Item ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SERVIS FOREHAND DAN BACKHAND PADA PERMAINAN BULUTANGKIS KELAS X UPT SMA NEGERI 4 TAKALAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-14) ANDI MUHAMMAD AFDHALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kemampuan Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand Pada Permainan Bulutangkis Kelas X UPT SMA Negeri 4 Takalar. Penetian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X UPT SMA Negeri 4 Takalar yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes Kemampuan Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand yang terdiri dari 14 butir tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian tes Kemampuan Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand bahwa tingkat kemampuan siswa terhadap Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand Pada Permainan Bulutangkis Kelas X UPT SMA Negeri 4 Takalar berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 17% (6 siswa), kategori “kurang” sebesar 11% (4 siswa), kategori “sedang” sebesar 31% (11 siswa), kategori “baik” sebesar 39% (14 siswa), dan katekori “sangat baik” sebesar 3% (1 siswa).Item ANALISIS KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 5 MAROS(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) GODEFRIDUS JEFRY DARLESGODEFRIDUS JEFRY DARLES, 2023. Analisis Keterampilan Bermain bola voli siswa Ekstrakurikuler Di Sma Negeri 5 Maros. Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Pendidikan, dibimbing oleh Ferawati dan Ifah Finatry Latief Penelitian ini bertujuan buat mengetahui taraf keterampilan bermain bola voli peserta ekstrakurikuler voli pada SMA Negeri lima Maros. Keterampilan bermain bola voli yg meliputi tes service,umpan, serta agresi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan dengan menghubungkan menggunakan variabel lainnya. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan bermain bola voli. Subyek dalam penelitian ini artinya peserta ekstrakurikuler bola voli di Sekolah Menengah Atas Negeri lima Maros yg berjumlah 30 peserta. Metode yang digunakan adalah kuesioner. pada penelitian ini, untuk mengumpulkan data dipergunakan instrumen tes keterampilan bermain bola voli.Teknik analisis data yang dipergunakan ialah statistik naratif kuantitatif yg berupa persentase. akibat penelitian menunjukan bahwa sesuai tabel pada atas,keterampilan bermain bola voli Sekolah Menengah Atas Negeri lima Maros berkategori baik 1 orang (tiga,tiga%).relatif 6 orang(20,0%), kurang 2 orang (6,7%), sedang 21 orang (70,0%).Item ANALISIS KETERAMPILAN DRIBBLING SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMA NEGERI 2 SERAM BAGIAN TIMUR SKRIPSI FAISAL MESFER(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) FAISAL MESFERTujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui tingkat keterampilan dribbling siswa ekstrakulikuler sepakbola SMA Negeri 2 Serambagian Timur Penelitian ini menggunkan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang mana dirancang untuk mengumpulkan informasi tentang fakta-fakta temuan berdasarkan tingkat keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMA Negeri 2 Seram Bagian Timur. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa ekstrarakulikuler sepakbola SMA Negeri 2 Seram Bagian Timur yang berjumlah 22 orang. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan instrumen Tes. Tes yang digunakan berupa Tes Menggiring Bola yang dilakukan sebanyak 2 kali dengan tujuan untuk mengukur keterampilan menggiring bola dengan kaki secara cepat disertai perubahan arah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif yaitu mengumpulkan data, menyajikan data, dan menentukan nilai. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sebanyak 0 siswa (0%) tidak ada yang memperoleh kategori dibbling tinggi sekali, 5 siswa (22,7%) memperoleh kategori keterampilan dribbling Tinggi, 7 siswa (31,8%) memperoleh kategori keterampilan dribbling Cukup, 8 siswa (36,4) memperoleh kategori keterampilan dribbling Rendah, dan 2 siswa (9.1%) memperoleh kategori keterampilan dribbling Rendah Sekali. Oleh karena itu, peneliti menyimpulkan bahwa tingkat ketrampilan dribbling siswa ektrakulikuler sepakbola di SMA Negeri 2 Seram Bagian Timur tergolong kategori Cukup dengan persentase (36,4%).Item ANALISIS KETERAMPILAN TEKN IK DASAR BERMAIN BOLAVOLI SISWA SMK TEKNOLOGI KABUPATEN LUWU SULAWESI SELATAN(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-15) ARDIANSYAHAnalisis keterampilan teknik dasar bermain bola voli siswa SMK teknologi Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, Program studi Pendidikan Jasmani, Universitas Megarezky Makassar. Dibimbing oleh Bapak Muhammad Janwar selaku pembimbing I dan Bapak Muhammad Hidayat Cakra Wijaya, selaku pembimbinng II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan teknik dasar dalam permainan bola voli pada siswa SMK Teknologi Kabupaten luwu Sulawesi Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Keterampilan teknik dasar bolavoli pada siswa SMK Teknologi Kabupaten Luwu. Peneliti akan melakukan tes dan mengukur tingkat keterampilan Teknik dasar bola voli pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan desain one shot case study dimana subyek akan di tes secara langsung tanpa tes awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan bermain bola voli siswa SMK Teknologi Kabupaten Luwu secara keseluruhan termasuk dalam kategori cukup. Secara rinci hasil penelitian menunjukkan 0 siswa termasuk dalam kategori sangat kurang, 3 siswa (7%) termasuk dalam kategori kurang, 17 siswa (53%) termasuk dalam kategori cukup,10 siswa (33%) termasuk dalam kategori baik, dan 0 siswa termasuk dalam kategori sangat baik. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa keterampilan bermain bola voli siswa SMK Teknologi Kabupaten Luwu termasuk dalam kategori cukup.Item ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-07) RANI PATTYPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak selama pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan saat pembelajaran tatap muka siswa kelas V di sekolah SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskritif dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu teknik wawancara. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan mengumpulkan informasi dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa dari kelas yang diampunya. Berdasarkan dari wawancara bersama dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa tersebut, ditemukan bahwa siswa tersebut mengalami penurunan motivasi belajarnya selama pembelajaran daring dibandingkan dengan motivasi belajar saat tatap muka. Penyebab dari penurunan motivasi belajar siswa tersebut adalah siswa banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua yang mendampingi siswa saat melakukan pembelajaran daring. Namun begitu, juga ditemukan bahwa dampak pendampingan daring seperti itu akan berakibat negativ terhadap perkembangan siswa kedepannya. Dampak negatif terhadap perkembangan siswa yaitu siswa lebih tidak peduli atau terkesan meremehkan terhadap setiap tugasnya. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain sehingga menjadikan dirinya pribadi yang kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang mandiri tersebut juga akan sering membuat wali murid kesulitan saat mengarahkan siswa untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawab di sekolahnya.Item ANALISIS POTENSI FISIK PADA USIA PELAJAR DI PERSATUAN SEPAKBOLA GARETTONG KABUPATEN ENREKANG(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-09) ASRI ARSYADTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat potensi fisik yanng dimiliki oleh persatuan sepakbola Garettong kabupaten Enrekang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kondisi fisik pemain sepak bola di Garettong. Peneliti mengadakan penelitian di Kabupaten Enrekang. Hasil penelitian bahwa potensi fisik pada usia pelajar di Persatuan Sepakbola Garettong Kabupaten Enrekang dengan indikator kecepatan berlari dengan predikat terbanyak dari 15 informan yaitu kurang, kemudian hasil tes kelicahan dalam bermain sepakbola dengan predikat baik sedangkan kemampuan daya tahan otot dengan predikat yang paling dominan adalah predikat sedang.Dengan demikian maka dapat di simpulkan bahwa potensi fisik pada usia pelajar di Persatuan Sepakola Garettong Kabupaten Enrekang berada dalam kategori baik.Item ANALISIS TINGKAT DAYA TAHAN OTOT TUNGKAI PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 MAKASSAR(Perpustakaan unimerz, 2025-08-19) MULDIANSYAHPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat daya tahan otot tungkai pemain sepak bola Siswa kelas XI sma negeri 18 Makassar. Jenis Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan metode tes dan pengukuran. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sma negeri 18 Makassar sebanyak 35 sampel dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang diambil dari 4 kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat daya tahan otot tungkai pemain sepak bola siswa kelas XI Sma negeri 18 Makassar yang berada pada kategori baik 14,3% pada kategori cukup 83,2% pada kategori kurang 2,9%.Item ASUHAN KEPERAWATAN PADA An “I” DENGAN LUKA BAKAR DERAJAT IIA DI RUANG UNIT LUKA BAKAR DI RSUP. Dr. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-05) SRI WAHYUNIM.TAHER, S.KEPDi dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari bahwa kesempurnaan laporan ini masih jauh dengan apa yang diharapkan. Namun demikian, penulis sedapat mungkin berusaha menyelesaikan laporan akhir ini dengan baik. Demi kesempurnaan laporan ini, setiap saran-saran dari semua pihak yang bersifat membangun, penulis akan menerima dengan senang hati. Dalam kesempatan ini pula, penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada CI Institusi (Herti Haerani, S.Kep.,M.Kes) dan CI lahan (Nur Afni, S.Kep.,Ns) yang tidak henti-hentinya memberikan bimbingan dan arahan dalam proses penulisan laporan akhir, selain itu tak lupa juga penulis mengucapkan ucapan terima kasih kepadaItem BASARNAS EMPLOYEES' PERCEPTION OF ENGLISH LEARNING STARATEGIES IN SPEAKING ABILITY(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-04) ARIE PRATAMA PUTRAPenelitian ini menyelidiki persepsi pegawai di Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) mengenai strategi pembelajaran bahasa Inggris yang meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Menyadari bahasa Inggris sebagai bahasa global yang penting untuk komunikasi di berbagai sektor, termasuk tanggap darurat, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran yang efektif yang digunakan oleh personel BASARNAS dalam lingkungan kerja sehari-hari mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, termasuk wawancara dan kuesioner, untuk mengumpulkan data dari karyawan di kantor BASARNAS Makassar. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa karyawan menganggap berbagai strategi, seperti teknik kognitif, metakognitif, dan sosio-afektif, sebagai alat penting dalam meningkatkan keterampilan berbicara mereka. Strategi-strategi ini tidak hanya memfasilitasi komunikasi yang lebih baik dalam bahasa Inggris tetapi juga berkontribusi pada pengembangan profesional mereka dalam organisasi. Penelitian ini menyoroti pentingnya strategi pembelajaran bahasa Inggris yang ditargetkan yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus karyawan BASARNAS, yang pada akhirnya meningkatkan efektivitas operasional mereka dalam misi pencarian dan penyelamatan. Implikasi dari penelitian ini meluas hingga meningkatkan program pelatihan di BASARNAS dan memberikan wawasan untuk studi lebih lanjut tentang pembelajaran bahasa dalam konteks profesionalItem DETERMINAN SOSIAL (Studi Pengobatan Tradisional Dan Modern Pada Masyarakat Kelurahan Lompo Riaja Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru)(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-15) HALIZAPada Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: (1) Persepsi masyarakat mengenai pengobatan tradisional dan modern, (2) Faktor pendorong masyarakat memilih pengobatan tradisional dan modern, (3) Dampak pengobatan tradisional dan modern bagi masyarakat. Jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan sampel bertujuan atau purposive sampling, yakni beberapa masyarakat kelurahan Lompo Riaja. Pengumpulan data dalam penelitian diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data yang diperoleh dikelola melalui reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat lima kondisi persepsi masyarakat yaitu; a.) pengobatan tradisional secara alami b.) pengobatan tradisional dan modern lebih terjangkau c.) pengobatan modern sesuai dengan standarisasi d.) pengobatan modern secara ilmiah e.) pengobatan tradisional dan modern memiliki fungsi yang sama. (2) Faktor pendorong masyarakat dalam memilih jenis pengobatan antara tradisional dan modern yaitu terdapat dua faktor pendorong masyarakat yaitu rasionalitas yang diantaranya a.) berdasarkan informasi b.) kondisi penyakit c.) kebiasaan dan kepercayaan d.) letak tempat tinggal e.) pelayanan kesehatan, dan faktor lainya adalah biaya. (3) Dampak yang diperoleh individu ketika memilih pengobatan tradisional dan modern adalah, a.) dampak positif yang diantaranya yaitu, dampak secara sosial bagi masyarakat, memberikan dampak secara fisik bagi pasien, dan dampak secara psikologis, kemudian b) dampak negatifnya yaitu, kekhawatiran masyarakat, pengobatan tradisional dan modern saling bertentangan, dan ketergantungan terhadap pengobatan tradisional atau modern.Item EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI UPT SDN UNGGULAN BONTOMANAI KABUPATEN GOWA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-14) KRISTIN LESTARIBerdasarkan observasi awal yang dilakukan di UPT SDN Unggulan Bontomanai maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas, faktor pendukung, faktor penghambat dan Solusi implementasi kurikulum Merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di UPT SDN Unggulan Bontomanai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas II UPT SDN Unggulan Bontomanai dengan jumlah peserta didik 5 orang yang terambil dari 3 orang kelas IIA dan 2 orang dari kelas IIB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di UPT SDN Unggulan Bontomanai sudah efektif berdasarkan hasil wawancara, baik informan kunci maupun informan utama. Adapun faktor pendukung yaitu bimbingan guru atau pendidik, peserta didik itu sendiri, orang tua peserta didik dan bahan ajar atau media pembelajaran yang menunjang, sedangkan yang menjadi faktor penghambat ialah tidak semua peserta didik bisa tertib pada saat pembelajaran sehingga hal demikian sudah dipastikan mengganggu peserta didik yang lain. guru harus memberikan pemahaman dan bimbingan kepada peserta tentang pentingnya pembelajaran bahasa indonesia dan ketertiban dalam pelaksanaan pembelajaran ini, maka secara perlahan peserta didik akan mengerti. Adapun dampaknya yaitu berdampak positif baik kepada guru maupun peserta didik.Item EFEKTIVITAS MODEL MIND MAPPING KONTEKSTUAL TERHADAP PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES HOMBES ARMED KABUPATEN GOWA(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-15) YULMIANTHI PONGNUPAPenelitian ini dilakukan di SD Inpres Hombes Armed Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model mind mapping berbasis kontekstual terhadap pembelajaran IPA kelas V SD Inpres Hombes Armed. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest desain dengan sampel kelas VA yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar dan angket, sama halnya dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes dan angket yang ditinjau berdasarkan aktivitas, hasil dan respon siswa. Setelah melakukan analisis data, peneliti memperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 3,7 yang berada pada kategori sangat baik, nilai rata-rata aktivitas siswa 3,4 dengan kategori baik, nilai rata-rata hasil belajar 3,4 pada kategori baik dan nilai rata-rata respon siswa 3,3 dengan kategori baik. Jadi melalui hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA efektif digunakan ditandai dengan hasil skor yang didapatkan 3,3 dengan kategori cukup efektifItem EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING PADA PEMBELAJARAN PKN DI KELAS II SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) LINCE LILINGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran daring pada pembelajaran PKN di Kelas II SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini adalah jenis eksperimen atau metode deskriptif dalam bentuk pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri Pannara Kota Makassar berjumlah 22 orang siswa, diantaranya 8 perempuan dan 14 laki-laki. Instrumen penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pembelajaran daring terhadap pembelajaran PKN di kelas II SD Negeri Pannara Kota Makassar efektif dengan nilai signifikan 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa O1 di tolak dan O2 diterima.Item EKSISTENSI PENGEMUDI BENTOR DI TENGAH PERSAINGAN DENGAN MODA TRANSPORTASI BERBASIS PELAYANAN ONLINE DI PASAR BUTUNG KOTA MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-08) ERVANSIUS JOANPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi bertahan hidup pengemudi bentor ditengah persaingan dengan moda transportasi berbasis online, di pangkalan bentor pasar butung Kota Makassar, dan modal sosial dan tindakan social masih relevan dengan zaman modern seperti sekarang ini. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskripsi kualitatif dengan penentuan informan terdiri dari 9 informan yang dipilih dengan teknik purposive sampling dengan kriteria pengemudi bentor, masyarakat/pengguna transportasi bentor dan pemerintah setempat di pasar Butung Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) strategi bertahan hidup pengemudi bentor ditengah persaingan dengan moda transportasi online di pangkalan bentor Pasar Butung Kota Makassar adalah memiliki tiga strategi bertahan hidup, yaitu melakukan strategi aktif yang mana meliputi melakukan pekerjaan sampingan, melibatkan anggota keluarga agar dapat memperoleh pendapatan tambagan; strategi pasif yaitu penghematan dalam pengeluaran belanja keluarga, membeli kebutuhan yang lebih murah dan kebutuhan yang urgen; dan strategi jaringan yaitu berupa pinjam uang dari tetangga atau keluarga. 2) relevansi antara modal sosial dan tindakan sosial pengemudi bentor di pasar Butung dengan terbentuknya pola modal sosial antara lain: pertama yaitu norma dan nilai-nilai. Proses yang kedua yaitu kepercayaan (trust). Proses yang ketiga yaitu jaringan sosial.Item EKSTRAKURIKULER DALAM PERKEMBANGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NUSA BANGSA LAKAHANG KECAMATAN TABULAHAN KABUPATEN MAMASA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-12) SERLI SISKASERLI SISKA. 2019. 15093188204031. Ekstrakurikuler Dalam Perkembangan Prestasi Belajar Siswa Di SMA Nusa Bangsa Lakahang Kecamatan Tabulahan Kabupaten Mamasa. Dibimbing oleh bapak JalaL dan Muh. Reski Salemuddin. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaiamana ekstrakurikuler dilaksanakan di SMA Nusa Bangsa. 2) Untuk mengkaji manfaat ekstrakurikuler yang diadakan di SMA Nusa Bangsa Lakahang Kabupaten Mamasa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan pendekatan deskriptif analitik. teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru sma Nusa Bangsa Lakahang sebanyak 4 sebanyak dan siswa sebanyak 5 orang. Analisis data yang digunakana dalah mendeskripsikan hal-hal berdasarkan hasil pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan Pemberlakuan ekstrakurikuler di SMA Nusa Bangsa Lakahang sudah menjadi bagian dari kurikulum sekolah dan di terapkan sejak sekolah ini berdiri, khusus kegiatan ekstrakurikuler KIR di tangani langsung oleh wakil kepala sekolah bagian kesiswaan. Kepada siswa di berikan stimulus dengan cara: a) kegiatan-kegiatan ilmiah seperti pengamatan langsung pada kondisi sosial dan kondisi alam untuk mereka amati, b) melakukan kerja praktik di laboratorium. Hasil pengamatan mereka sebagian harus dituangkan dalam bentuk karya tulis ilmiah. Ekstrakurikuler sangat dibutuhkan untuk membantu perkembangan prestasi belajar siswa, terutama dalam pengembangan wawasan berfikir kearah yang lebih luas, lebih kreatif dan terutama mereka lebih mandiri. Terbukti pada beberapa siswa yang memiliki capaian-capaian akademik di atas rata-rata. Respon positif dari para siswa, adalah siswa peserta ektrakurikuler nampak pada antusiasme siswa untuk mengikuti kegiatan ini dan berpengaruh positif kepada meningkatnya prestasi belajar siswa baik dalam sekolah maupun di luar sekolah.Item ESENSI PEMBELAJARAN DARING DI ERA NEW NORMAL (STUDI SMA NEGERI 12 MAKASSAR)(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) NAOMI TANGGUThis study aims to determiine the essences of online learning in the new normal era at 12 Senior High School of Makassar, to fine out the problems of the essence of online learning in the new normal era, and to fine out the impact of the essence of online learning in the new normal era in 12 Senior High schools of makassar. Researchers used a qualitative approach with informants of 12 Senior High School of Makassar students who experienced the online learning process in the new normal era, teachers of 12 Senior High School of Makassar, and principals of 12 Senior High School of Makassar. The data collection in this study was done by direct observation, interviews, and documentation. The key instrument is the researcher himself with the data analysis techniques used are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the results of the study, it can be concluded that the essence of online learning in the new normal era 12 Senior High School of Makassar uses learning media such as Whatsaap group, Google Classroom, Google Meet, and Zoom. The essence of online learning in the new normal era 12 senior High schools of Makassar has been implemented online or studying at home to be aware of and as an effort to prevent the spread of the Corona Virus Disease (covid-19) outbreak in the 12 Senior High School of Makassar. the essence of online learning in the new normal era amid the Covid-19 pandemic in the world of education, especially, at 12 senior High School of Makassar, is that the learrning process remains active. But basically, online learning doesn’t always go well. The impact of online learning in the new normal era is the positive impact in the form of students being able to do assignments at home without having to go to school, students being more creative and independentn and communicating with students faster. On the one hand, the negative impact is problems with internet quotas, students sre more likeky to hold their cellphones, and students often underestimate and underestimate this online learning.Item EVALUASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI MELALUI MODEL CIPP DI SDN 78 BIREA KABUPATEN BANTAENG(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-13) KARMILAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil evaluasi pembelajaran jarak jauh masa pandemi di SDN 78 Birea apakah efektif diterapkan atau tidak efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang diantaranya 1 orang kepala sekolah, 4 orang guru, dan 3 orang siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil evaluasi pelaksanaan pembelajaran jarak jauh melalui model (context, input, process, dan product) kurang efektif. Hal ini dikarenakan kurangnya persiapan terhadap pelaksanaan pembelajaran jarak jauh antara guru dan siswa, kurangnya sarana prasarana yang dimiliki oleh siswa maupun guru seperti, handphone, computer, dan buku. Pemberian tugas yang terbatas, hasil belajar siswa secara keseluruhan menurun.