Faculty of Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5
Browse
Item PENERAPAN EKSTRAKURIKULER KEAGAMAAN TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SDN LEMOA KABUPATEN. GOWA(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-28) MUH.HAJRIMJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus deskriptif. Subjek penelitian adalah guru Pendidikan agama islam dan siswa SDN Lemoa Kab. Gowa. Pada penelitian ini menemukan kurangnya pemahaman siswa terkait dengan persoalan dengan keagamaan, sehingga tujuan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini bisa menjadikan perantara agar siswa lebih belajar dan megambil pelajaran pada kegiatan tersebut, Tujuan kegiatan keagamaan ini tidak lain untuk mengajarkan siswa menanamkan nilai-nilai moral dan etika, Membangun disiplin dan tanggung jawab, Meningkatkan kemandirian dan kepemimpinan dan menumbuhkan sikap reflektif dan introspeksi. Hasil penelitian ini menemukan Sudah diterapkan dengan baik, dimana pada penerapan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan di SDN Lemoa Kab.Gowa ini dilakukan setiap 1 kali dalam seminggu yaitu pada hari jumat, Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh siswa SDN Lemoa dan dibimbing langsung oleh gurunya. pada kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang dilakukan di SDN Lemoa yaitu dengan melakukan kegiatan jumat ibadah ini bertujuan agar siswa lebih memahami persoalan terkait dengan keagamaan, dan dengan kegiatan jumat ibadah ini siswa diajarkan untuk percaya diri, berani dan disiplin. Adapun Hasil yang didapatkan oleh peneliti dari kegiatan ekstrakurikuler keagamaan yang diterapkan di SDN Lemoa Kab.Gowa yakni kegiatan ini sangat berepengaruh bagi siswa, dimana kegiatan ini memberikan dampak bagi perkembangan kognitif, psikomotorik dan afektif siswa, melalui Kegiatan ini siswa mampu mengambil pembelajaran yang diberikan langsung oleh guru guru di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran hal tersebut guna menunjang kebutuhan peserta didik dalam penyaluran minat dan bakatnya diluar jam pelajaran. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler ini guru mengaharapkan dengan penerapan kegiatan jumat ibadah dan BTQ ini mampu memberikan perkembangan bagi siswa baik dalam perkembangan nilai-nilai keagamaan dan perkembangan karakter seperti kecerdasan, keterampilan dan sikap atau perilaku. KataItem SURVEI TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 8 JENEPONTO(UNIVERSITAS MEGAREZKY MAKASSAR, 2025-01-02) SATRIANIVariabel dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan permainan bola voli. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler SMA Negeri 8 Jeneponto dengan populasi sebanyak 20 siswa dan jumlah dan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 20 siswa yaitu 10 orang laki-laki dan 10 orang perempuan.penelitian ini menggunakan instrument Tes Keterampilan Bola voli yaitu: tes passing atas, tes passing bawah, tes servis atas, tes servis bawah, tes smash, dan tes blok/bendungan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 20 siswa yang mengikuti tes keterampilan dasar bola voli, sebanyak 9 siswa yang berkategori sedang sebesar (45%), sebanyak 5 siswa atau sebesar (25%) termasuk kategori tinggi, sebanyak 3 siswa atau sebesar (15%) yang berkategori rendah, sebanyak 2 siswa atau (10%) yang berkategori sangat tinggi, sebanyak 1 siswa atau sebesar (5%) termasuk kategori sangat rendah. Maka dapat di simpulkan bahwa tingkat keterampilan teknik dasar permainan bola voli siswa peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 8 Jeneponto dalam kategori “sedang” sebanyak 9 siswa atau dengan persentase (45%).