Faculty of Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5
Browse
1 results
Search Results
Item KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 BONEPUTE KABUPATEN LUWU(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-11) A. SRI RAHAYUPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keefektifan model pembelajaran discovery learning dengan model pembelajaran interaktif terhadap pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Bonepute Kabupaten Luwu, melalui penguasaan materi pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 1 Bonepute Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian suatu penelitian eksperimen.Subjek penelitian ini ialah kelas V SDN 1 Bonepute Kabupaten Luwu yang berjumlah 38 orang.Instrumen penelitian digunakan seperti observasi, tes, dan angket. Setelah menganalisis data, penulis menemukan bahwa aktivitas siswa pada model pembelajaran dicovery learning dengan skor nilai 3,4 dalam kategori baik, sedangkan model pembelajaran interaktif skor nilai 3,2 dalam kategori baik. Adapun skor nilai pada respon siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning sebesar 3,39 dalam kategori positif dan respon siswa pada model pembelajaran interaktif dengan skor 3,3 dalam kategori baik. Hasil belajar pada model pembelajaran discovery learning setelah perlakuan dengan skor nilai 86,33 kategori sangat baik dan menggunakan model pembelajaran interaktif skor nilai 85,92 dalam kategori baik. Jadi hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 1 Bonepute Kabupaten Luwu pada penerapan model pembelajaran discovery learning lebih efektif daripada hasil belajar IPA siswa pada penerapan model pembelajaran interaktif.