Faculty of Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5

Browse

Search Results

Now showing 1 - 1 of 1
  • Item
    PENGARUH METODE SOSIODRAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA DIALOG CERITA ANAK SISWA KELAS V SDN NO. 78 PAO KECAMATAN TAROWANG KABUPATEN JENEPONTO
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) A.ALFIYANI DAMAYANTI
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan berbicara pada dialog cerita anak siswa kelas V SDN NO 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan bentuk desain pre exsperimental designs dengan bentuk one group pretest-postest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN NO 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto sebanyak 24 siswa dan teknik pengambilan sampel dilakukan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang di gunakan yaitu tes kemampuan berbicara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berdasarkan hasil analisis data kemampuan berbicara berpengaruh terhadap dialog cerita anak. Berdasarkan hasil analisis data independent sampel test sig (2. Tailed), diperoleh nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh kemampuan berbicara maka Ho di tolak dan H1 diterima, simpulannya yaitu terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada dialog cerita anak Kelas V Khususnya di SDN 78 Pao Kecamatan Tarowang Kabupaten Jeneponto.