Faculty of Education
Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5
Browse
2 results
Search Results
Item ANALISIS KEMAMPUAN TEKNIK DASAR SERVIS FOREHAND DAN BACKHAND PADA PERMAINAN BULUTANGKIS KELAS X UPT SMA NEGERI 4 TAKALAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-14) ANDI MUHAMMAD AFDHALPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat Kemampuan Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand Pada Permainan Bulutangkis Kelas X UPT SMA Negeri 4 Takalar. Penetian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survei. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas X UPT SMA Negeri 4 Takalar yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan tes Kemampuan Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand yang terdiri dari 14 butir tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian tes Kemampuan Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand bahwa tingkat kemampuan siswa terhadap Teknik Dasar Servis Forehand dan Backhand Pada Permainan Bulutangkis Kelas X UPT SMA Negeri 4 Takalar berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 17% (6 siswa), kategori “kurang” sebesar 11% (4 siswa), kategori “sedang” sebesar 31% (11 siswa), kategori “baik” sebesar 39% (14 siswa), dan katekori “sangat baik” sebesar 3% (1 siswa).Item UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS PENDEK BACKHAND DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI VARIASI TARGET PADA SISWA KELAS XI MIPA 6 SMAN 15 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-08) IRSAN RAHMANPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar servis pendek backhand, dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Mipa 6 SMAN 15 Makassar yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 13 laki laki dan 22 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. Berdasarkan hasil observasi data awal yang didapatkan ada 24 orang siswa yang tidak mencapai nilai KKM 75 dan 7 orang siswa yang tuntas, kemudian membuat variasi target untuk mengatasi masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan variasi target untuk meningkatkan hasil belajar servis pendek backhand pada siklus I yaitu ada 11 orang siswa dengan persentase 31% dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar servis pendek backhand sebanyak 35 orang siswa dengan persentase 100%. Dapat simpulkan upaya meningkatkan hasil belajar servis pendek backhand dengan variasi target dapat meningkat pada siswa kelas XI Mipa 6 SMAN 15 Makassar.