S1 Hospital Administration

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/103

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    GAMBARAN MANAJEMEN PELAYANAN GIZI DI RAWAT INAP RSUD HAJI MAKASSAR 2023
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) NURMIATI
    NURMIATI (B1B119026), “Gambaran Manajemen Pelayanan Gizi di Rawat Inap RSUD Haji Makassar 2023”, (Dibimbing oleh Era Pratiwi dan H. Syamsunie Carsel HR). Latar belakang : Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah kota makassar dengan kategori tipe B. Rumah sakit tipe B dengan demikian jumlah keseluruhan tenaga ahli gizi di rumah sakit umum daerah haji makassar belum sesuai dengan standar yang telah di tetapkan pedoman PGRS dimana rumah sakit tipe B seharusnya memiliki tenaga ahli gizi sebanyak 22 orang, tetapi yang sekarang tersedia di RSUD Haji makassar hanya ada 12 orang. Tujuan : penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Manajemen Pelayanan Gizi di Rawat Inap RSUD Haji Makassar 2023. Metode : penelitian ini di lakukan secara kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu menggambarkan data sesuai dengan objek yang di teliti. Metode yang di gunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian yaitu Kepala Instalasi Gizi, Staf Gizi (ahli gizi, administrasi, logistik, pengolah dan pramusaji). Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian : menunjukkan terdapat lima tema yang menjadi indikator manajemen kualitas pelayanan gizi sesuai fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan pelayanan gizi, pengawasan pelayanan gizi, dan evaluasi. Perlunya perencanaan tenaga, peralatan dan fasilitas, survei pasar, perencanaan menu dan bahan makanan yang direncanakan dengan baik sehingga pelayanan gizi dapat meningkat. Pengorganisasian masih memerlukan tenaga gizi yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Pelaksanaan pelayanan gizi sudah mengikuti Pedoman Gizi Rumah Sakit dan pendistribusian makanan di lakukan dengan sentralisasi. Fungsi Pengawasan masih harus ditingkatkan. Evaluasi terhadap pelayanan harus di lakukan secara rutin
  • Item
    Analisis Manajemen Pelayanan Gizi di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-13) LULUK WIJAYANTI
    Latar belakang Hasil observasi lapangan di Rumah Sakit Umum Daerah H. Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba adalah satu-satunya rumah sakit milik Pemerintah Daerah Kabupaten Bulukumba dimana rumah sakit dengan kategori tipe B. Dalam melaksanakan pelayanan gizi di rumah sakit macam ketenagaan yang diperlukan dapat dibedakan atas pegawai PNS dan non PNS. Tenaga gizi di instalasi gizi rumah sakit H.A Sultan Deng Radja sebanyak 30 orang Standar kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam pengelolaan makanan rumah sakit harus mengacu kepada PGRS tahun 2013 untuk rumah sakit B dengan demikian Jumlah keseluruhan tenaga gizi di Rumah Sakit Umum Daerah H.A Sulthan Daeng Radja Bulukumba belum sesuai dengan standar yang ditetapkan pedoman PGRS dimana rumah sakit Tipe B seharusnya memiliki tenaga pengelola sebanyak 37 orang. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis manajemen pelayanan gizi yang terdiri perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi di Rumah Sakit Umum Daerah Haji. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba. Metode Penelitian ini menggunakan metode mix methods yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan desain Deskriptif. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 30 orang pegawai pelayanan gizi. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Kesimpulan Pelayanan gizi di RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba untuk perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, evaluasi sudah sesuai dengan dengan sudah sesuai dengan standar yang telah ditentukan, Pengorganisasian dalam penerimaan bahan makanan belum sesuai dengan belum sesuai dengan standar yang telah di tetapkan. Saran Diharapakan kepada RSUD H. Andi Sulthan Daeng Radja Kabupaten Bulukumba untuk melakukan penambahan tenaga giz