PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD INPRES BANGKALA III KOTA MAKASSAR

No Thumbnail Available

Date

2025-08-11

Authors

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan setiap kelas III, IV dan V SD Inpres Bangkala III Kota Makassar yang terdiri dari 159 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VA yang terdiri dari 26 siswa, Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif, pembelajaran daring dengan jumlah 36,4615 berada pada kategori baik dan motivasi belajar dengan jumlah 30,3846 berada pada kategori baik. Analisis prasyarat hasil uji normalitas pembelajaran daring 0,08 dan motivasi belajar 0,240> 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 5,017 > 0,05 (homogen), hasil uji linearitas adalah 0,691 > 0,05 dengan demikian terdapat linear pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa. Analisis inferensial hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,005) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa SD Inpres Bangkala III Kota Makassar

Description

Keywords

Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar

Citation

Endorsement

Review

Supplemented By

Referenced By