UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA PADA PERMAINAN SEPAK TAKRAW MELALUI METODE BERPASANGAN PADA SISWA KELAS X IPS SMA NEGERI 10 ENREKANG

No Thumbnail Available

Date

2025-08-13

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

Perpustakaan Megarezky

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sepak sila pada permainan sepak takraw melalui metode pembelajaran berpasangan pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Enrekang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana dalam penelitian ini menggunakan II siklus yang dilakukan selama 3 kali pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Enrekang yang berjumlah 32 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar sepak sila dalam permainan sepak takraw pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 10 Enrekang. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II meningkat dengan nilai rata-rata siklus I berjumlah 75,7 dan nilai rata- rata siklus II berjumlah 83,6.

Description

Keywords

Hasil belajar sepak sila, Sepak Takraw, Metode Berpasangan

Citation

Endorsement

Review

Supplemented By

Referenced By