UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KABUPATEN ENREKANG
No Thumbnail Available
Date
2025-08-14
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Perpustakaan Megarezky
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dengan
kaki bagian Dalam pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas XI Mipa 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua
siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan
refleksi. subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1
Enrekang yang berjumlah 34 siswa dimana siswa laki-laki 8 orang dan siswa
perempuan 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,
dokumentasi, dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model
pembelajaran kooperatif tipe
Stad dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam
pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang.
Dari analisa data yang diperoleh terjadi peningkatan dari Siklus I dan Siklus II.
Hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siklus I kategori tuntas
adalah 61% jumlah siwa yang tuntas yaitu 16 orang pada siklus II terjadi
peningkatan persentase hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah 100%
dengan jumlah siswa 34 orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam
Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad.
Description
Keywords
Hasil Belajar, Koperatif Tipe STAD, Passing, Sepak Bola