PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE SISWA SD NEGERI PANNARA KOTA MAKASSAR

No Thumbnail Available

Date

2025-08-07

Authors

Journal Title

Journal ISSN

Volume Title

Publisher

PERPUSTAKAAN MEGAREZKY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Berbasis Online Siswa SD Negeri Pannara Kota Makassar. Penelitian ini digolongkan kedalam penelitian Ex post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Pannara Kota Makassar dengan menggunakan instrumen angket. Sampel pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VA dan VB SD Negeri Pannara Kota Makassar yang terdiri dari 66 siswa dengan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata peran orang tua dalah 90,83 berada pada kategori sangat berperan dan nilai ratarata motivasi belajar adalah 90,03 berada pada kategori sangat termotivasi. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 0,537 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil uji homogenitas 0,079 > 0,05 (homogen), hasil linearitas 0,597 > 0,05 (linear), uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kriteria Sig (0,000) < α (0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh peran orang tua terhadap motivasi belajar pada pembelajaran berbasis online siswa SD Negeri Pannara Kota Makassar

Description

Keywords

: Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran Berbasis online

Citation

Endorsement

Review

Supplemented By

Referenced By