UPAYA MENINGKATKAN NILAI HASIL BELAJAR PASSING ATAS PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MODEL PASSING BERPASANGAN PADA SISWA KELAS XI SMA N 12 MAKASSAR
No Thumbnail Available
Date
2025-08-07
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PERPUSTAKAAN MEGAREZKY
Abstract
Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran passing atas bola voli siswa kelas
XI SMA Negeri 12 Makassar banyak mengalami pembelajaran siswa yang tidak
bisa melakukan passing atas sehingga bola tidak dapat melambung ke atas,
pengambilan bolanya berada di depan dada seharusnya sejajar dengan wajah.
Dengan hasil pembelajaran siswa yang rata-rata hasil belajarnya hanya mencapai
10% dari jumlah siswa sebanyak 30 siswa.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan nilai hasil belajar passing atas pada
permainan bola voli melalui model passing berpasangan pada siswa kelas XI
SMA 12 Makassar.Jenis penelitian ini yaitu Penenlitian Tindakan Kelas (PTK).
dilakukan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari Perencanaan,
Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa XI Mipa 7
Makassar yang berjumlah 30 siswa dimana siswa laki-laki berjumlah 14 orang dan
siswa perempuan berjumlah 16 orang. Teknik analisis data mengunakan deskriptif
kualitatif pengumpulan dari masing-masing item tes, dokumentasi dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model passing berpasangan dapat
meningkatkan nilai hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Dilihat
dari presentase ketuntasan siswa pada siklus I yang tuntas sebanyak 5 siswa
dengan presentase 17%. Pada siklus II yang tuntas sebanyak 30 siswa dengan
persentase 100%.
Description
Keywords
PTK, Bola voli, Model Passing Berpasangan, Hasil belajar