ANALISIS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V SD INPRES BORONG JAMBU II KOTA MAKASSAR
No Thumbnail Available
Date
2025-08-07
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis dampak selama
pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan dengan saat
pembelajaran tatap muka siswa kelas V di sekolah SD Inpres Borong Jambu II
Kota Makassar. instrumen pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan
dokumentasi Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif deskritif dengan menggunakan teknik pengumpulan data
yaitu teknik wawancara. Penulis menggunakan teknik wawancara dengan
mengumpulkan informasi dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3
orang siswa dari kelas yang diampunya. Berdasarkan dari wawancara bersama
dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang wali kelas V, dan 3 orang siswa tersebut,
ditemukan bahwa siswa tersebut mengalami penurunan motivasi belajarnya
selama pembelajaran daring dibandingkan dengan motivasi belajar saat tatap
muka. Penyebab dari penurunan motivasi belajar siswa tersebut adalah siswa
banyak mendapat bantuan menyeluruh dan langsung dari orang tua yang
mendampingi siswa saat melakukan pembelajaran daring. Namun begitu, juga
ditemukan bahwa dampak pendampingan daring seperti itu akan berakibat negativ
terhadap perkembangan siswa kedepannya. Dampak negatif
terhadap
perkembangan siswa yaitu siswa lebih tidak peduli atau terkesan meremehkan
terhadap setiap tugasnya. Selain itu, siswa juga akan lebih banyak
menggantungkan diri terhadap bantuan orang lain sehingga menjadikan dirinya
pribadi yang kurang mandiri. Pada akhirnya kondisi siswa yang kurang mandiri
tersebut juga akan sering membuat wali murid kesulitan saat mengarahkan siswa
untuk menyelesaikan setiap tugas dan tanggungjawab di sekolahnya.
Description
Keywords
Pembelajaran Daring, Motivasi Belajar