Browsing by Author "NURHIKMA"
Now showing 1 - 3 of 3
- Results Per Page
- Sort Options
Item FORMULASI BEDAK TABUR EKSTRAK DAUN KOPASANDA (Chromolaena odorata) TERHADAP LUKA BAKAR PADA KELINCI (Oryctolagus cuniculus)(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) NURHIKMALuka bakar merupakan kerusakan jaringan yang terjadi karena adanya kontak dengan sumber panas (api, air, dan listrik). Daun kopasanda (Chromolaena odorata) dapat digunakan sebagai alternatif menyembuhkan luka karena memiliki kandungan seperti flavonoid, tanin, dan saponin. Bedak tabur merupakan sediaan farmasi yang ditujukkan untuk pengggunaan topikal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dan konsentrasi efektif sediaan bedak tabur ekstrak daun kopasanda terhadap penyembuhan luka bakar. Metode penelitian dilakukan secara eksperimental dengan pretest-posttest control group design untuk membuat formulasi bedak tabur dari daun kopasanda (Chromolaena odorata) dengan konsentrasi 15%, 17%, 19%, serta efektifitas terhadap luka bakar dilanjutkan analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian sediaan bedak tabur ekstrak daun kopasanda (Chromolaena odorata) untuk konsentrasi 15%, 17%, dan 19% efektif dalam penyembuhan luka bakar dengan melihat signifikan p>0,05. Dapat disimpulkan bahwa konsentrasi 19% yang paling efektif.Item GAMBARAN KADAR TRIGLISERIDA PADA PENDERITA KAKI DIABETIK(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-12) NURHIKMANurhikma, 163145453063 Gambaran Kadar Trigliserida Pada Penderita Kaki Diabetik (Dibimbing oleh Thaslifa dan Hairuddin) Kaki diabetik merupakan komplikasi diabetes yang paling sering terjadi sekaligus memiliki dampak yang fatal, pada kejadian yang parah harus dilakukan amputasi (pemotongan). Komplikasi kaki diabetik terjadi karena adanya gangguan pada sistem saraf (neuropati) pembuluh darah dan terjadi infeksi. Trigliserida merupakan subtansi yang berperan dalam metebolic factor dan vasculer changes terbentuknya gangren pada pasien DFU. Trigliserida adalah salah satu yang banyak ditemukan didalam darah. Trigliserida juga dihasilkan di organ hati, namun sebagian besar ditemukan berasal dari makanan, trigliserida merupakan sumber energi dan terdapat pada jaringan tepi dibawah kulit. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan kadar trigliserida pada penderita kaki diabetik. Metode penelitian ini merupakan penelitian secara uji deskriptif dengan pendekatan cross sectional study yang dilakukan secara obsevasional. Besar sampel yang digunakan sebanyak 12 sampel kaki diabetik diperoleh dengan teknik purpussive sampling. Penelitian dilakukan di Laboratorium Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar pada tanggal 15 Juli- 8 Agustus 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar trigliserida pada kaki diabetik sebanyak 12 sampel, diperoleh hasil trigliserida normal sebanyak 8 orang dan trigliserida abnormal sebanyak 4 orang, dengan hasil rata-rata normal yaitu 127 mg/dl.Item HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN IBU DAN ANAK (KIA) DENGAN KEPUASAN IBU HAMIL DI KLINIK PENGADAN BAAY PT.TELEN KALIMANTAN TIMUR TAHUN 2024(UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-29) NURHIKMATerjadinya perbedaan antara sesuatu yang diharapkan dengan kejadian menimbulkan rasa tidak puas ketika berkeinginan menggunakan layanan kesehatan. Keluhan menjadi akibat dari ketidakpuasan yang dialami oleh pasien pada saat menggunakan jasa pelayanan kesehatan. Harapan kinerja yang tidak sesuai akan menyebabkan pasien kecewa. Kepuasaan pasien dapat diukur apabila terjadi kesesuaian antara kinerja dan harapan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor mutu pelayanan dan hubungan mutu pelayanan dengan kepuasan ibu hamil di Klinik Pengadan Baay. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan survey observasional. Rancangan penelitian menggunakan cross sectional. Populasi penelitian ini yaitu 45 ibu hamil yang ada di Klinik Pengadan Baay. Sampel penelitian ini adalah semua ibu hamil yang berkunjung ke Klinik Pengadan Baay yang berjumlah 40 orang. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya ada hubungan mutu pelayanan dimensi tangible (p=0,000), Assurance (p=0,01), Empaty (p=0,01) dengan kepuasan ibu hamil, dan tidak ada hubungan mutu pelayanan dimensi Reability (p=0,55), Responsive (p=0,06) dengan kepuasan ibu hamil. Kepuasan ialah bagian dari tolak ukur berhasilnya suatu layanan, oleh sebab itu kualitas pelayanan dan kelegkapan fasilitas dalam pelayanan yang harus ditingkatkan agar tercapainya kemaksimalan dalam kepuasan.