Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/17
Browse
1 results
Search Results
Item HUBUNGAN MUTU PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN IBU HAMIL DI PUSKESMAS MANDAI KABUPATEN MAROS TAHUN 2024(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-16) DENI WIJI LESTARIDeni Wiji Lestari, NIM : A1A223138 “ Hubungan Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Ibu Hamil di Puskesmas Mandai Kabupaten Maros” Dibimbing oleh Rosita dan Siti Nurul Haliza (xvi + V BAB + 89 Halaman + 14 Tabel + 13 Lampiran) Mutu Pelayanan adalah Pelayanan kesehatan yang dapat memuaskan setiap jasa pemakai pelayanan kesehatan yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata penduduk serta penyelenggaraannya sesuai dengan standar dan kode etik profesi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan terhadap kepuasan pasien ibu hamil di Puskesmas Mandai Kabupaten Maros. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Populasi penelitian ini sebanyak 1490 pasien dengan jumlah sampel 93 responden. Cara pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa responden puas dengan mutu pelayanan baik sebanyak 54 orang (75,0%) dan mutu pelayanan tidak baik sebanyak 10 orang (47,6%). Sedangkan responden kurang puas dengan mutu pelayanan baik sebanyak 18 orang (25,0%) dan mutu pelayanan yang Kurang baik sebanyak 11 orang (52,4%). Hasil uji statistik menggunakan uji Chi Square diperoleh nilai ρ value = 0,034 < α = 0,05. Artinya, ada hubungan antara mutu pelayanan dengan kepuasan pasien Ibu hamil di Puskesmas Mandai. Diharapkan petugas Poli KIA Puskesmas Mandai terus meningkatkan mutu pelayanan agar memberikan kepuasan kepada pasien sesuai harapan