Undergraduate Theses

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/17

Browse

Search Results

Now showing 1 - 2 of 2
  • Item
    PENGARUH MEDIA EDUKASI VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPI MENARCHE PADA REMAJA PUTRI DI MTSN 2 BULUKUMBA TAHUN 2023
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-14) ARNY GUSTIANA
    Di era digital saat ini, video akan mudah diakses oleh para remaja, tampilannya pun menarik dan tidak monoton sehingga dapat meningkatkan ketertarikan remaja untuk menonton video hingga akhir. Untuk itu dibuatlah video animasi tentang menarche atau haid yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan tentang manajemen haid. Dampak dari kurangnya pengetahuan tentang menstruasi pertama pada remaja putri adalah kesiapan menghadapi menarche (haid) adalah mereka akan merasa cemas, bingung, dan tidak percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media edukasi Video animasi tentang menstruasi terhadap tingkat kecemasan menghadapi menarche pada remaja putri. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan metode one group pre test post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswi kelas VII MTsN 2 Bulukumba sebanyak 110 orang. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 52 responden. Hasil penelitian menunjukkan setelah dilakukan edukasi menggunakan video animasi tentang menarche (Post-Test) ditemukan bahwa remaja dengan tingkat kecemasan sedang sebanyak 2 responden (3.8%) dan Sebagian besar mengalami penurunan Tingkat kecemasan menjadi kecemasan ringan sebanyak 50 responden (96.2%). Ada pengaruh video animasi dengan Tingkat kecemasan remaja putri dalam menghadapi menarche di MTsN 2 Bulukumba dengan nilai p-value = 0.00 < dari nilai α=0.05
  • Item
    PERBEDAAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI DAN POWER POINT TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA PUTRI DALAM MENGHADAPI MENARCHE DI SMPN 21 AMBON TAHUN 2024
    (UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-04-30) WULAN MASSRY
    Di Indonesia, 75% remaja putri cemas akan Menarche karena ini pertama kali dalam hidup mereka, dengan 70% diantaranya mengalami masalah menstruasi. 8 dari 10 remaja putri yang diwawancarai, menganggap menstruasi menjadi hal yang tabu serta masih mempercayai mitos seputar menstruasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pendidikan kesehatan melalui media video animasi dan power point terhadap pengetahuan remaja putri dalam menghadapi menarche. Menggunakan metode penelitian Quasy Experimental dengan rancangan Pre testPostest Design with Comparison Group dengan jumlah sampel sebanyak 34 orang dibagi kedalam dua kelompok. Analisis data menggunakan uji Paired sample test dan independent sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan beda mean post test kedua kelompok sebesar 1.24 dengan semua berpengetahuan baik dan 1 orang berpengetahuan cukup pada kelompok Power point. Pada uji independen sample Ttest Sig. two sided p 0.004 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan video animasi lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan remaja putri dalam menghadapi menarche.