Lecturers and Researchers Paper
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/42
Browse
Item MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DIALOG SISWA KELAS DUA DI SMA NEGERI 19 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) NURUL KHUSNUL AGUSTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2018/2019 melalui kegiatan dialog dan untuk meneliti situasi di kelas ketika dialog diterapkan pada kelas berbicara Bahasa Inggris di kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimulai tanggal 27 Mei hingga 31 Juli 2019 di kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 yang terdiri dari 7 putri dan 19 putra. Data pada penelitian ini di di sajikan secara kuantitatif (test speaking) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara dan foto) sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata” siswa meningkat dari pre-test ke siklus 2. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 71.65 dimana terdapat 5 orang siswa (19.2%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum, pada siklus pertama nilai rata-rata 78.73 dimana terdapat 10 orang siswa (38.4%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum, dan pada siklus ke dua nilai rata-rata 86.80 dimana terdapat 23 orang siswa (88.4%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum. Selanjutnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dialog dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.Item MENINGKATKANAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MELALUI MENONTON-MENCERITAKAN KEMBALI FILM BERBAHASA INGGRIS PADA KELAS TUJUH DI SMP NEGERI 1 JENEPONTO(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) RAMLAWATIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan film dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa di SMP Negri 1 Jeneponto tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang di lakukan dalam dua siklus terdiri dari empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, obsevasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Penelitian ini di sajikan secara kuantitatif (test) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi) sebagai data pendukung. Peneliti menggunakan ganbar seri debagai media untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas 7 ynag terdiri dari 30 siswa Hasil penelitin menunjukkan bahwa pengunaan film dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa hal ini dapat dilihat dari skor rata-rata siswa pada pre-test 57.60, 17 siswa yang lulus pada pre-test, kemudian peneliti melakukan tets pada siklus pertama dapat di lihat dari rata-rata siswa pada siklus pertama 63.3 kemudian meningkat menjadi 93.3 pada test di siklus kedua. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa guru dapat menggunakan film di dalam proses belajar mengajar untuk memahami flm sebagai salah satu teknik dalam meningkatkan kemampuan bercerita siswa.Item Utilizing WhatsApp Translation Strategies for Enhancing Online Interaction in English for Specific Purposes Courses(Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 2024-06-30) SUJARWOThe integration of instant messaging services into educational settings has become increasingly prevalent, providing unique opportunities for enhanced communication and learning. This study aimed to examine the viewpoints of educators and students regarding the use of instant messaging services, such as WhatsApp, in their translation education and instruction. The study employed a qualitative research approach, specifically content analysis, to examine the utterances of two translation lecturers and fifteen ESP students. The results revealed that participants unanimously agreed that instant messaging services facilitated their teaching and learning of translation by using consistent terminology and rephrasing complex tasks to provide guidance throughout the chat. This approach enriched the translation understanding of ESP students. The study suggests using one consistent term to refer to the translation process throughout the text. In conclusion, chatting applications like WhatsApp are powerful and efficient communication tools that can facilitate an engaging, authentic, and meaningful learning experience when effectively included in English for Specific Purposes (ESP) classrooms for online translation interactions.