Lecturers and Researchers Paper

Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/42

Browse

Search Results

Now showing 1 - 1 of 1
  • Item
    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE DIALOG SISWA KELAS DUA DI SMA NEGERI 19 MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-11) NURUL KHUSNUL AGUS
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2018/2019 melalui kegiatan dialog dan untuk meneliti situasi di kelas ketika dialog diterapkan pada kelas berbicara Bahasa Inggris di kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimulai tanggal 27 Mei hingga 31 Juli 2019 di kelas sebelas SMA Negeri 19 Makassar tahun ajaran 2019/2020. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 2 yang terdiri dari 7 putri dan 19 putra. Data pada penelitian ini di di sajikan secara kuantitatif (test speaking) sebagai data utama dan kualitatif (wawancara dan foto) sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata” siswa meningkat dari pre-test ke siklus 2. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 71.65 dimana terdapat 5 orang siswa (19.2%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum, pada siklus pertama nilai rata-rata 78.73 dimana terdapat 10 orang siswa (38.4%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum, dan pada siklus ke dua nilai rata-rata 86.80 dimana terdapat 23 orang siswa (88.4%) yang mencapai criteria ketuntasan minimum. Selanjutnya dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode dialog dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.