Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/41
Browse
2 results
Search Results
Item INCREASING STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY BY USING MIND MAPPING OF THE SEVENTH GRADE AT SMP TUT WURI HANDAYANI MAKASSAR(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-06) HERMAN AThis study aimed to increase students’ vocabulary mastery by using mind mapping. The researcher provided material about vocabulary using mind mapping thriugh WhatsApp group (online learning). The subject of this study were students of class VII C which 25 students at SMP Tut Wuri Handayani Makassar, in the 2020/2021 academic year. The researcher used the classroom action research (CAR) method in two cycles; each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. The instrument of this study were interview, field note, vocabulary test, and documentation. The result of this study indicated there was increase in students’ vocabulary mastery by using mind mapping techniques. This could be seen from the calculation of the average test in the first cycle was 70.48 (11 students or 44% got completeness) and the second cycle was 80.6 (18 students or 72% got completeness). This indicates that use mind mapping technique, students’ vocabulary mastery can increase significantly.Item IMPROVING WRITING SKILL BY USING MIND MAPPING TECHNIQUE FOR THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 12 MAKASSAR(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-05) BASRIPenelitiian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan menggunakan teknik Mind Mapping di kelas XI MIPA 2 di SMAN 12 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2 dan setiap siklus memiliki empat kali pertemuan. Penelitian pada tiap siklus terdiri dari empat Langkah; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif (tes) sebagai data utama dan kualitatif (ceklis observasi dan catatan lapangan) sebagai data pendukung. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa di kelas XI MIPA 2 di SMAN 12 Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Mind Mapping berhasil meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa kelas XI MIPA 2. Nilai rata-rata pada siklus 1 adalah 70,08 yang dikategorikan baik dan nilai rata-rata pada siklus 2 adalah 81,23yang dikategorikan sangat baik. Penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus 2 lebih baik dari siklus 1. Persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan juga meningkat. Pada siklus 1, terdapat 15 siswa (42,86%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Pada siklus 2, terdapat 25 siswa (71,43%) yang memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam kemampuan menulis khususnya teks argumentasi.