Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/41
Browse
2 results
Search Results
Item THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY AND READING COMPREHENSION OF STUDENTS AT SMA NEGERI 13 MAKASSAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-08) MARWAH ACHMADPenguasan kosakata sangat penting dalam pemahaman membaca dan menentukan seberapa baik siswa dalam memahami teks. Hal tersebut menjadi alasan dilakukannya penelitian ini. Tujuannya adalah 1) untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa dan pemahaman bacaan siswa kelas sepuluh SMA Negeri 13 Makassar; 2) untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMA Negeri 13 Makassar. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode desain korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 288 siswa, dari jumlah populasi tersebut diambil sampel sebanyak 36 siswa. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik purposive sampling. Data penguasaan kosakata dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda sedangkan data pemahaman membaca dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda dan esai. Hasil dari penelitian ini kemudian dianalisis dengan menggunakan koefisien korelasi Pearson Product Moment dengan aplikasi SPSS 22.0. Hasil perhitungan statistik antara variabel X dan Y bertanda positif dengan rxy sebesar 0,482. Kemudian rxy dibandingkan dengan rtable product moment pada taraf signifikan 5% dengan jumlah sample 36 siswa, didapat bahwa rxy > rtable yaitu 0.482 > 0.329 dalam tingkat hubungan yang rendah. Oleh karena itu, hipotesis satu (H1) diterima sedangkan Hipotesis Null (𝐻0) ditolak. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya korelasi yang signifikan antara penguasaan kosakata siswa dan pemahaman membaca siswa pada SMA Negeri 13 Makassar. Hal ini membuktikan bahwa semakin banyak pembendaharaan kosakata bahasa inggris yang dimiliki siswa, maka semakin baik pula pemahaman membaca mereka.Item THE EFFECTIVENESS OF CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING IN IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION AT SMP NEGERI 2 MAPPAKASUNGGU TAKALAR(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) NURHIKMA UTAMITujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Keefektifan Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Mappakasunggu Takalar. Penelitian ini melibatkan 56 siswa kelas tujuh SMP Negeri 2 Mappakasunggu Takalar di Desa Patani Kecamatan Mangulabbe Kabupaten Takalar. Penelitian ini menggunakan quasi-experimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas experiment dan kelas kontrolmasing masing menggunakan pre-test dan post-test. Pengumpulan data dilakukan melalui tes membaca yang diberikan kepada siswa sebelum dan sesudah memberikan metode Contextual Teaching and Learning dilakukan sebagai perlakuan yang dilakukan dalam delapan kali pertemuan. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan excel dan aplikasi SPSS versi 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa ada pengaruh signifikan antara penggunaan CTL pada kelas experiment nilai mean post-test adalah 26.04 dibandingkan dengan tanpa menggunakan CTL atau convensional pada kelas control nilai mean post-test adalah 23.71. Selain itu hasil perhitungan aplikasi SPSS versi 22 menunjukkan bahwa nilai dari hasil perhitungan t – hitung adalah 2,304. Dibandingkan dengan t tabel df = 54 yaitu (2.00488) taraf signifikansi 5%, maka t hitung > t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, terima hipotesis alternatif (Ha) dan tolak hipotesis nol (Ho) untuk menguji kedua variabel. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa variabel X berpengaruh signifikan terhadap variabel Y. Dari hasil pengujian hipotesis terbukti bahwa “Ada Pengaruh yang Signifikan antara penggunaan pembelajaran kontekstual”. Belajar dan diajar dengan metode convensional.