Lecturers and Researchers Paper
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/29
Browse
1 results
Search Results
Item EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI INSTALASI FARMASI BALAI BESAR KESEHATAN PARU MASYARAKAT (BBKPM) MAKASSAR(Perpustakaan Universitas Megarezky, 2025-08-19) SAMSINARKepuasan pasien merupakan suatu penilaian dan menjadi tolak ukur mutu pelayanan. Waktu tunggu merupakan waktu yang dibutuhkan oleh pasien untuk menunggu suatu pelayanan. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian dan lama waktu tunggu pasien terhadap pelayanan resep rawat jalan di BBKPM Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Non eksperimental (Observasional) bersifat analisis deskriptif (kualitatif). Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive sampling dengan data perolehan 100 lembar resep dan 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu tunggu dari 100 lembar resep yaitu didapatkan resep non racikan 92 lembar dan racikan 8 lembar, yang memenuhi standar 90 resep non racikan dan 6 resep racikan, Rata-rata waktu tunggu yang dibutuhkan resep non racikan 15 menit dan resep racikan 45 menit, Tingkat kepuasan pada lima dimensi didapatkan hasil dimensi kehandalan 90,20%(sangat puas), dimensi ketanggapan 85,07%(sangat puas), dimensi jaminan 90,80%(sangat puas), dimensi empati 91,07%(sangat puas), dan dimensi bukti fisik 83,27%(sangat puas). Waktu tunggu pelayanan resep sudah memenuhi standar yaitu ≤ 30 menit untuk obat non racikan dan ≤ 60 menit untuk obat racikan. Kesimpulan dari hasil penelitian tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kefarmasian di BBKPM Makassar termasuk dalam kategori sangat puas dan tidak ada hubungan antara kepuasan dengan waktu tunggu pasien rawat jalan di BBKPM Makassar.