Undergraduate Theses
Permanent URI for this collectionhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/31
Browse
2 results
Search Results
Item EFEKTIVITAS MODEL MIND MAPPING KONTEKSTUAL TERHADAP PEMBELAJARAN IPA KELAS V SD INPRES HOMBES ARMED KABUPATEN GOWA(Perpustakaan Megarezky, 2025-08-15) YULMIANTHI PONGNUPAPenelitian ini dilakukan di SD Inpres Hombes Armed Kabupaten Gowa yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model mind mapping berbasis kontekstual terhadap pembelajaran IPA kelas V SD Inpres Hombes Armed. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest desain dengan sampel kelas VA yang berjumlah 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar dan angket, sama halnya dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes dan angket yang ditinjau berdasarkan aktivitas, hasil dan respon siswa. Setelah melakukan analisis data, peneliti memperoleh nilai rata-rata aktivitas guru 3,7 yang berada pada kategori sangat baik, nilai rata-rata aktivitas siswa 3,4 dengan kategori baik, nilai rata-rata hasil belajar 3,4 pada kategori baik dan nilai rata-rata respon siswa 3,3 dengan kategori baik. Jadi melalui hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa model mind mapping berbasis kontekstual pada pembelajaran IPA efektif digunakan ditandai dengan hasil skor yang didapatkan 3,3 dengan kategori cukup efektifItem EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS II DI UPT SDN UNGGULAN BONTOMANAI KABUPATEN GOWA(PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-14) KRISTIN LESTARIBerdasarkan observasi awal yang dilakukan di UPT SDN Unggulan Bontomanai maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas, faktor pendukung, faktor penghambat dan Solusi implementasi kurikulum Merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di UPT SDN Unggulan Bontomanai. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kelas II UPT SDN Unggulan Bontomanai dengan jumlah peserta didik 5 orang yang terambil dari 3 orang kelas IIA dan 2 orang dari kelas IIB. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, Wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dalam implementasi kurikulum merdeka belajar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas II di UPT SDN Unggulan Bontomanai sudah efektif berdasarkan hasil wawancara, baik informan kunci maupun informan utama. Adapun faktor pendukung yaitu bimbingan guru atau pendidik, peserta didik itu sendiri, orang tua peserta didik dan bahan ajar atau media pembelajaran yang menunjang, sedangkan yang menjadi faktor penghambat ialah tidak semua peserta didik bisa tertib pada saat pembelajaran sehingga hal demikian sudah dipastikan mengganggu peserta didik yang lain. guru harus memberikan pemahaman dan bimbingan kepada peserta tentang pentingnya pembelajaran bahasa indonesia dan ketertiban dalam pelaksanaan pembelajaran ini, maka secara perlahan peserta didik akan mengerti. Adapun dampaknya yaitu berdampak positif baik kepada guru maupun peserta didik.