Faculty of Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 18
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TYPE MODELLING THE WAY PADA KELAS X MAs MUHAMMADIYAH KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) JOHAN
    Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan passing atas siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah siswa melalui Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way. Penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Penelitian bertempat di MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data awal sebelum penelitian hasil belajar passing bawah permainan bola voli siswa adalah 28% tuntas dari jumlah 5 siswa dan 72% tidak tuntas dari jumlah 13 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa, dapat dilihat pada pada siklus I yang tuntas itu 9 siswa dengan nilai persentase 50% sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa dengan nilai persentase 50% dan siklus II yang tuntas itu 18 siswa dengan nilai persentase 100% sedangkan yang tidak tuntas itu 0 siswa dengan nilai persentase 0%. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Sehingga penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya.
  • Item
    PENGARUH STATUS GIZI DAN INTELEGENSI ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI UPT SPF SD INPRES ANTANG I KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) SULISTIAWATI
    Sulistiawati, 2023. Pengaruh Status Gizi dan Intelegensi Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar yang dibimbing oleh Muh. Khaedar dan Cayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi dan intelegensi anak terhadap hasil belajar siswa kelas III di UPT SPF SD Inpres Antang I. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian bertempat di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIC yang dipilih secara undian atau lotre dengan jumlah keseluruhan sampel yaitu 30 siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Adapun teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data pengambilan sampel menggunakan observasi, angket, dengan analisis menggunakan SPSS 27.0. Hasil deskriptif Status Gizi dalam kategori Gizi Baik dengan Frekuensi 20, Intelegensi Anak dengan skor 78.00 berada di interval 61-80 atau dalam kategori baik sedangkan Hasil Belajar berada skor 77.70 di interval 61-80 atau dalam kategori baik. Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa adanya pengaruh Status Gizi dan Intelegensi Anak terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar dengan nilai sig 0,033 < 0,05 pada Status Gizi dan Intelegensi Anak terhadap Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Status Gizi dan Intelegensi Anak berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar
  • Item
    PENGARUH PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SD INPRES LAWALLU KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU
    (Perpustakaan Universitas Megarezky, 2025-08-19) ISPA SALEMPANG
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Berbasis Karakter Terhadap Prestasi Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang, 10 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik mengalami pengaruh yang signifikan terhadap pendidikan berbasis karakter yang ditandai dengan diperoleh dari dua kali tes yaitu pretest yang didapatkan dengan rata-rata 71,80 sedangkan nilai postest yang di dapatkan dengan rata-rata 81.40, maka nilai tersebut sudah mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil diperoleh di simpulkan bahwa terjadi pengaruh yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar tematik peserta didik kelas V di SD Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.
  • Item
    PENINGKATAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI MELALUI MODEL MULTILITERASI PADA SISWA KELAS XI IPS I SMA NASIONAL MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-16) LILI TOMAGOLA
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sosiologi kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar, melalui model pembelajaran multiliterasi, jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian siswa kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar sebanyak 32 orang siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi siswa dan tes hasil belajar berbentuk pilihan ganda. Aspek yang diobservasi adalah siswa dalam mengikuti penerapan model pembelajaran multiliterasi selama proses pembelajaran tes hasil belajar dilakukan setiap akhir siklus I dan siklus II, setelah mengikuti proses belajar mengajar analisis data dilakukan dengan menggunakan skor yang berdasarkan penilaian acuan. Hasil penelitian diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan berupa model pembelajaran Model Multiliterasi pada siswa kelas XI IPS I SMA Nasional Makassar pada siklus I 76,56 dan siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 87,34. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan Model Multiliterasi dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi SMA Nasional Makassar
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) ALMUSAWWIR AMIR
    Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dengan kaki bagian Dalam pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas XI Mipa 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang yang berjumlah 34 siswa dimana siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Dari analisa data yang diperoleh terjadi peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siklus I kategori tuntas adalah 61% jumlah siwa yang tuntas yaitu 16 orang pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah 100% dengan jumlah siswa 34 orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad.
  • Item
    PENGARUH PEMBELAJARAN HOME VISIT METHOD TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V DI SD INPRES BORONG JAMBU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) IMMA
    Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Home Visit Method terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Hasil penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, nilai rata-rata pretest adalah 51,15 dan nilai rata-rata posttest adalah 82,50. Analisis statistik inferensial, hasil uji normalitas 200 > 0,05 (berdistribusi normal), hasil homogenitas 0,713 > 0,05 (homogen), hasil uji hipotesis menunjukkan nilai sig 0,000, dengan kreteria sig (0,000) < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Pembelajaran Home Visit method terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V di SD Inpres Borong Jambu II Kecamatan Manggala Kota Makassar.
  • Item
    PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 188 TANRONGI KABUPATEN WAJO
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) NURWINDA
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video pembelajaran terhadap hasil belajar IPA kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimen ini digolongkan kedalam pre experimental bentuk one group pretest posstest design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, didapatkan sampel penelitian sebanyak 20 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, tes, dan observasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Pada penelitian ini kelas V sebagai kelas eksperimen akan diberikan pretest dan posstest dengan menggunakan media video pembelajaran. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t menyatakan bahwa hasil perhitungan uji hipotesis pada data posttest tersebut diperoleh hasil analisis data independent sampel test sig. (2.Tailed) nilai sebesar 0,000 yang lebih kecil dari tariff signifikansi 0,05 yang berarti bahwa ada hasil belajar dengan demikan H1 diterima melalui penggunaan media video pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Tanrongi Kabupaten Wajo.
  • Item
    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR ATLETIK LOMPAT JAUH DI SMK NEGERI 7 LUWU UTARA
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-12) SAKLIM PATENDOK
    Masalah yang sering diperoleh ketika memberikan hasil belajar atletik lompat jauh adalah masih ada beberapa siswa yang ketika melakukan awalan lompat jauh masih kurang memahami teknik dalam melakukan awalan lompat jauh, gerakan tumpuan dan sikap badan di udara begitupun ketika mendarat masih banyak siswa yang salah dalam melakukan gerakan. Hal inilah yang menjadi masalah kedepannya dalam melakukan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk Penerapan Model Pembelajaran Bermain Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Atletik Lompat Jauh di SMK Negeri 7 Luwu Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 26 siswa tidak tuntas dengan persentase 76,5% dan siswa tuntas sebanyak 8 dengan persentase 23,5%, dan pada siklus II ada peningkatan mutu model pembelajaran bermain atletik lompat jauh dimana semua siswa tuntas dalam bermain atletik lompat jauh dengan persentase 100%. Disarankan pada Guru Pendidikan Jasmani SMK Negeri 7 Luwu Utara untuk mempertimbangkan penggunaan atletik lompat jauh dengan materi yang disesuaikan karena hal ini dapat membangkitkan semangat belajar siswa.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEPAK SILA MELALUI METODE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DALAM PEMBELAJARAN SEPAK TAKRAW SISWA KELAS XI TKJ 2 SMK NEGERI 1 TORAJA UTARA
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-09) KRISMAYANTI PALESE
    Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Sila Melalui Metode STAD (Student Team Achievement Division) Dalam Pembelajaran Sepak Takraw Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Toraja Utara. Dibimbing oleh Muhammad Ilham Budi Utama dan Suhardianto. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sepak sila melalui metode STAD (Student Team Achievement Division) pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Toraja Utara. Penelitian ini menggunakan dua siklus yakni siklus 1 dan siklus 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan metode STAD (Student Team Achievement Division) dalam pembelajaran sepak takraw siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Toraja Utara. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari kondisi siklus I ke Siklus II, baik dari peningkatan nilai hasil belajar sepak sila dalam pembelajaran sepak takraw. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar (63%) dan pada siklus II (96%), sehingga peningkatan dari kondisi siklus I ke siklus II sebesar (33%)
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PUKULAN BACKHAND LOB OVERHEAD BULUTANGKIS DENGAN METODE INQUIRY PADA SISWA KELAS IX A MTS NEGERI 2 SINJAI
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-07) FIRMANSYAH
    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Dengan Metode Pembelajaran Inquiry Pada Siswa Kelas IX A MTSN 2 Sinjai Kabupaten Sinjai. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dilaksanakan Dalam Dua Siklus Yang Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas IX A MTSN 2 Sinjai Yang Berjumlah 16 Siswa Dimana Siswa Laki-Laki 10 Orang Dan Siswa Perempuan 6 Orang. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes, Dokumentasi Dan Observasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Metode Pembelajaran Inquiry Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Pada Siswa Kelas IX A MTSN 2 Sinjai. Dari Analisis Data Yang Diperoleh Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Dan Siklus II. Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Bulutangkis Pada Siklus I Kategori Tuntas Adalah 50 % Jumlah Siswa Yang Tuntas Yaitu 8 Orang, Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Presentase Hasil Belajar Teknik Dasar Pukulan Backhand Lob Overhead Dalam Kategori Tuntas Adalah 100 % Dengan Jumlah Siswa 16 Orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Bulutangkis Melalu Metode Pembelajaran Inquiry.