Faculty of Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5

Browse

Search Results

Now showing 1 - 10 of 212
  • Item
    KONFLIK SOSIAL ANTARA MASYARAKAT WAE SANO DAN PEMERINTAH KABUPATEN MANGGARAI BARAT PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR (Studi Kontradiksi Pt. Geo Dipa Energi Tambang Panas Bumi Geothermal)
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) RIVALDUS AGUNG
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) latarbelakang terjadinya konflik sosial antara masyarakat Wae Sano dan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. (2) Bentuk bentuk konflik sosial antara Masyarakat Wae Sano dan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat. Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, dengan mengunakan teknik purposive sampling. Informan yang di pilih dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Wae Sano. Pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang di peroleh melalui tiga tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian: (1) latarbelakang terjadinya konflik sosial antara masyarakat Wae Sano dan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat adalah pada saat perencanan pembanguan proyek geothermal di wilayah Wae Sano. Masyarakat wae sano sepakat untuk tidak memberikan izin kepada pihak pemerintah Kabupaten Manggarai Barat dan pihak PT. Geo Dipa untuk Pembangunan proyek geothermal, agar satu kesatuan tidak terganggu dengan perencanan Pembangunan geothermal. (2) Bentuk bentuk konflik sosial yang terjadi antara Masyarakat Wae Sano dan pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang di mana adanya tindakan intimidasi, masyarakat Wae Sano sering mengalami tindakan intimidasi yang dilakukan oleh aparat keamanan dengan membawa senjata laras Panjang. Masyarakat wae sano juga sering mengalami bersentuhan fisik pada saat melakukan aksi protes penolakan Pembangunan pryok geothermal
  • Item
    MAKNA TRADISI “MAPPACCING’ ADAT BUGIS (STUDI KEARIFAN LOKAL DI DESA PANAIKANG KECAMATAN SINJAI TIMUR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) CHAERUNNUFUS
    Chaerunnufus. 2020. Makna Tradisi “Mappaccing” Adat Bugis (Studi Kearifan Lokal di Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur). Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Megarezky. Dibimbing oleh Akhiruddin dan Sri Wahyuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tahap-tahap dalam proses Mappaccing pada adat bugis Sinjai khususnya Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur, 2) Makna pesan yang terkandung dalam tradisi Mappaccing pada adat bugis Sinjai khususnya Desa Panaikang Kecamatan Sinjai Timur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teori Interaksi Simbolik menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan memilih informan secara sengaja berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Terhadap data yang diperoleh selanjutnya diuji keabsahan datanya dengan cara Credibility, Transferbility, Dependability, Confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Tahap-tahap prosesi Mappaccing yang dimulai dari Mappanre Temme (Khataman Al-Qur’an), Mabbarazanji (Pembacaan Barazanji) dan Mappaccing, memiliki makna yang terkandung sendiri di setiap tahapan prosesnya, 2) Makna Tradisi Mapacing Adat Bugis Sinjai Desa Panaikang, simbol-simbol yang terkandung dalam prosesi perkawinan adat Bugis Sinjai Desa Panaikang , baik yang tersirat lewat tahapan pelaksanaannya, maupun lewat perangkat-perangkat kelengkapannya, menggambarkan betapa tingginya nilai budaya yang diwariskan oleh leluhur kita yang tentunya harus tetap dijunjung tinggi dan tetap dilestarikan
  • Item
    THE EFFECTIVENESS OF ROLE PLAY IN TEACHING SPEAKING SKILL OF THE ELEVENTH GRADE STUDENTS AT SMAN 19 MAKASSAR
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) MULDI LUMILING
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefktivan Bermain Peran dalam pengajaran keterampilan berbicara siswa kelas XI SMAN 19 Makassar apakah ada perbedaan yang significan antara siswa yang dilatih keterampilan berbicara dengan menggunkankan metode konvensional dengan siswa yang menggunakan teknik Bermain Peran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah pre-test and post-test designd. Sampel penelitian ini andalah 60 siswa. Peneliti menggunakan dua kelas sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik Bermain Peran dan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Sebelum memberikan perlakuan, peneliti memberikan pre-test di kedua kelas. Dan pada tahap terakhir peneliti memberikan post-test pada kedua kelas setelah memberikan perlakuan untuk mengetahui apakah teknik Bermain Peran efektif dalam mengajar keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan rata-rata pre-test di kelas eksperimen (59,87) dan kelas kontrol (60,93). Rata-rata post-test kelas eksperimen (82,40) lebih tinggi dari post-test kelas kontrol (64,53). Artinya ada perbedaan antara siswa yang menggunakan teknik Bermain Peran dan siswa yang menggunakan metode konvesional. Dengan demikian, penajaran berbicara dengan dengan menggunakan teknik bermain peran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, disarankan teknik Bermain Peran dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran yang efektif bagi guru untuk mengajarkan ketempilan berbicara dan untuk peneliti selajuntnya dapat menggunakan jenis penelitian yang sama dengan kondisi yang berbeda
  • Item
    ANALISIS TINGKAT DAYA TAHAN OTOT TUNGKAI PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 18 MAKASSAR
    (Perpustakaan unimerz, 2025-08-19) MULDIANSYAH
    Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat daya tahan otot tungkai pemain sepak bola Siswa kelas XI sma negeri 18 Makassar. Jenis Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan metode tes dan pengukuran. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Sma negeri 18 Makassar sebanyak 35 sampel dan sampel penelitian adalah siswa kelas XI yang diambil dari 4 kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat daya tahan otot tungkai pemain sepak bola siswa kelas XI Sma negeri 18 Makassar yang berada pada kategori baik 14,3% pada kategori cukup 83,2% pada kategori kurang 2,9%.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERPASANGAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 GOWA
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-19) DELJI PAWARRANGAN
    Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Passing Bawah bola voli melalui metode pembelajaran metode berpasangan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Gowa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, dimana pertemuan pertama merupakan kegiatan pembelajaran dan pertemuan kedua adalah dilakukan tes atau penilaian seperti kognitif, afektif dan psikomotorik, untuk mengetahui hasil belajar siswa selama mengikuti pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. A SMK Negeri 2 Gowa yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 7 siswa pria serta 29 siswa wanita. Cara pengumpulan data yang digunakan dalam riset ini ialah uji, observasi serta dokumentasi. Bersumber pada hasil riset menampilkan kalau lewat tata cara berpasangan yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar teknik passing bawah dalam pembelajaran bola voli siswa kelas XI.A SMK Negeri 2 Gowa. Perihal ini bisa dilihat dari persentase ketuntasan hasil belajar di siklus I dan siklus II bertambah dengan persentase ketuntasan 53% pada siklus I serta persentase ketuntasan 97% pada siklus II.
  • Item
    IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DI SEKOLAH (STUDI PERILAKU SISWA PEDULI LINGKUNGAN KELAS IV DI UPT SPF SD INPRES ANTANG 1 KOTA MAKASSAR)
    (Perpustakaan Universitas Megarezky, 2025-08-19) MUKTAZAH ADILA
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alasan mengapa harus ada program adiwiyata dan bagaimana program adiwiyata di jalankan di sekolah UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV di UPT SPF SD Inpres Antang 1 Kota Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh bahwa adiwiyata sangat penting di sekolah karena dengan adanya program adiwiyata menyadarkan seluruh warga sekolah akan pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian lingkungan di sekolah. Bahkan di sekolah tersebut telah menjalankan program adiwiyata. Beberapa hal yang telah mereka lakukan diantaranya yaitu kegiatan rutin di setiap hari sabtu, penetapan jadwal piket di setiap kelas, serta lomba disetiap akhir semester seperti lomba kebersihan kelas, pemilahan sampah, dan menghasilkan suatu karya menggunakan bahan bekas.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI PADA TEKNIK DASAR PASSING BAWAH MELALUI METODE PEMBELAJARAN AKTIF TYPE MODELLING THE WAY PADA KELAS X MAs MUHAMMADIYAH KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-19) JOHAN
    Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan passing atas siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah siswa melalui Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way. Penelitian ini merupakan penelitian PTK (Penelitian Tindak Kelas). Penelitian bertempat di MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Adapun subjek penelitian yaitu siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang yang berjumlah 18 siswa. Pengumpulan data menggunakan format observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Data awal sebelum penelitian hasil belajar passing bawah permainan bola voli siswa adalah 28% tuntas dari jumlah 5 siswa dan 72% tidak tuntas dari jumlah 13 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran aktivitas belajar siswa, dapat dilihat pada pada siklus I yang tuntas itu 9 siswa dengan nilai persentase 50% sedangkan yang tidak tuntas 9 siswa dengan nilai persentase 50% dan siklus II yang tuntas itu 18 siswa dengan nilai persentase 100% sedangkan yang tidak tuntas itu 0 siswa dengan nilai persentase 0%. Kesimpulan penelitian adalah penggunaan Metode Pembelajaran Aktif Type Modelling The Way dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah pada permainan bola voli siswa kelas X MAs Muhammadiyah Kabupaten Enrekang. Sehingga penelitian dikatakan berhasil dan tidak dilanjutkan ke siklus selanjutnya.
  • Item
    PENGARUH STATUS GIZI DAN INTELEGENSI ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI UPT SPF SD INPRES ANTANG I KOTA MAKASSAR
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) SULISTIAWATI
    Sulistiawati, 2023. Pengaruh Status Gizi dan Intelegensi Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar yang dibimbing oleh Muh. Khaedar dan Cayati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status gizi dan intelegensi anak terhadap hasil belajar siswa kelas III di UPT SPF SD Inpres Antang I. Penelitian ini merupakan penelitian Ex Post Facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian bertempat di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIIC yang dipilih secara undian atau lotre dengan jumlah keseluruhan sampel yaitu 30 siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar. Adapun teknik pengambilan sampelnya yaitu menggunakan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data pengambilan sampel menggunakan observasi, angket, dengan analisis menggunakan SPSS 27.0. Hasil deskriptif Status Gizi dalam kategori Gizi Baik dengan Frekuensi 20, Intelegensi Anak dengan skor 78.00 berada di interval 61-80 atau dalam kategori baik sedangkan Hasil Belajar berada skor 77.70 di interval 61-80 atau dalam kategori baik. Hasil analisis Inferensial menunjukkan bahwa adanya pengaruh Status Gizi dan Intelegensi Anak terhadap Hasil Belajar Siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar dengan nilai sig 0,033 < 0,05 pada Status Gizi dan Intelegensi Anak terhadap Hasil Belajar Siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa Status Gizi dan Intelegensi Anak berpengaruh terhadap Hasil Belajar siswa di UPT SPF SD Inpres Antang I Kota Makassar
  • Item
    PENGARUH PENDIDIKAN BERBASIS KARAKTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS V DI SD INPRES LAWALLU KECAMATAN SOPPENG RIAJA KABUPATEN BARRU
    (Perpustakaan Universitas Megarezky, 2025-08-19) ISPA SALEMPANG
    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Berbasis Karakter Terhadap Prestasi Belajar Tematik Peserta Didik Kelas V Di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V di SD Inpres Lawallu Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru dengan jumlah peserta didik sebanyak 20 orang, 10 perempuan dan 10 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, tes dan dokumentasi. Paparan data hasil menunjukkan bahwa hasil belajar tematik peserta didik mengalami pengaruh yang signifikan terhadap pendidikan berbasis karakter yang ditandai dengan diperoleh dari dua kali tes yaitu pretest yang didapatkan dengan rata-rata 71,80 sedangkan nilai postest yang di dapatkan dengan rata-rata 81.40, maka nilai tersebut sudah mencapai kualifikasi baik. Berdasarkan hasil diperoleh di simpulkan bahwa terjadi pengaruh yang sangat signifikan terhadap prestasi belajar tematik peserta didik kelas V di SD Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru.
  • Item
    ANALISIS KETERAMPILAN BERMAIN BOLA VOLI SISWA EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 5 MAROS
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-19) GODEFRIDUS JEFRY DARLES
    GODEFRIDUS JEFRY DARLES, 2023. Analisis Keterampilan Bermain bola voli siswa Ekstrakurikuler Di Sma Negeri 5 Maros. Program Studi Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Pendidikan, dibimbing oleh Ferawati dan Ifah Finatry Latief Penelitian ini bertujuan buat mengetahui taraf keterampilan bermain bola voli peserta ekstrakurikuler voli pada SMA Negeri lima Maros. Keterampilan bermain bola voli yg meliputi tes service,umpan, serta agresi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu variabel tanpa membuat perbandingan dengan menghubungkan menggunakan variabel lainnya. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan bermain bola voli. Subyek dalam penelitian ini artinya peserta ekstrakurikuler bola voli di Sekolah Menengah Atas Negeri lima Maros yg berjumlah 30 peserta. Metode yang digunakan adalah kuesioner. pada penelitian ini, untuk mengumpulkan data dipergunakan instrumen tes keterampilan bermain bola voli.Teknik analisis data yang dipergunakan ialah statistik naratif kuantitatif yg berupa persentase. akibat penelitian menunjukan bahwa sesuai tabel pada atas,keterampilan bermain bola voli Sekolah Menengah Atas Negeri lima Maros berkategori baik 1 orang (tiga,tiga%).relatif 6 orang(20,0%), kurang 2 orang (6,7%), sedang 21 orang (70,0%).