Faculty of Education

Permanent URI for this communityhttps://repository.unimerz.ac.id/handle/123456789/5

Browse

Search Results

Now showing 1 - 6 of 6
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DENGAN KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPESTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA NEGERI 1 KABUPATEN ENREKANG
    (Perpustakaan Megarezky, 2025-08-14) ALMUSAWWIR AMIR
    Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dengan kaki bagian Dalam pada Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Siswa Kelas XI Mipa 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan dalam dua siklus yang dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang yang berjumlah 34 siswa dimana siswa laki-laki 8 orang dan siswa perempuan 26 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi, dan observasi. hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Stad dapat meningkatkan hasil belajar passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola pada siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Enrekang. Dari analisa data yang diperoleh terjadi peningkatan dari Siklus I dan Siklus II. Hasil belajar passing dalam permainan sepak bola pada siklus I kategori tuntas adalah 61% jumlah siwa yang tuntas yaitu 16 orang pada siklus II terjadi peningkatan persentase hasil belajar passing dalam kategori tuntas adalah 100% dengan jumlah siswa 34 orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS VIII A SMPN 1 BANGKALA BARAT
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-13) MUH ZAENAL
    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar passing melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat Tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian dengan Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan Siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat. Hasil data yang diperoleh dari data siklus I 71,8 dan persentase ketuntasan belajar siswa 50% dengan jumlah ketuntasan belajar 10 siswa, kemudian meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 84,4 dengan persentase belajar 90.0% dengan jumlah ketuntasan 18 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar passing melalui metode pembelajaran Kooperatif Tipe Stad dalam Permainan Sepak Bola Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Bangkala Barat.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement division (STAD) PADA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 JENEPONTO
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-07) MUHAMMAD FAJAR
    Penelitian Ini Bertujuan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan Dalam Dua Siklus Yang Dimana Setiap Siklus Terdiri Dari Perencanaan, Tindakan, Observasi Dan Refleksi. Subjek Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto Yang Berjumlah 23 Siswa Dimana Siswa Laki – laki 10 Orang Dan Siswa Perempuan 13 Orang . Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Tes, Dokumentasi, dan Observasi. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Dari Analisa Data Yang Diperoleh Terjadi Peningkatan Dari Siklus I Dan Siklus II. Hasil Belajar Passing Dalam Permainan Sepak Bola Pada Siklus I Kategori Tuntas Adalah 61% Jumlah Siwa Yang Tuntas Yaitu 14 Orang Pada Siklus II Terjadi Peningkatan Persentase Hasil Belajar Passing Dalam Kategori Tuntas Adalah 100% Dengan Jumlah Siswa 23 Orang, Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Permainan Sepak Bola Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
  • Item
    PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM BERMAIN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI DRILLS PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 BISSAPPU
    (PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MEGAREZKY, 2025-08-06) NIKITA
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan modifikasi drills dalam Meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola melalui modifikasi drills Pada Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan sebanayak tiga kali pertemuan pada siklus I, dan 2 kali pertemuan di siklus II yang direncang melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data peningkatan hasil belajar chest pass. Sumber data peneliti ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data meningkatkan hasil belajar passing dengan menggunakan lembar penilaian,kognitif, afektif, psikomotor. pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil kuantitatif data meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 22 siswa dengan presentase 68,75%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa dengan presentase 96,87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui modifikasi drills pada permainan sepakbola dapat meningkatkan hasil belajar passing siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu.
  • Item
    PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM BERMAIN SEPAK BOLA MELALUI MODIFIKASI DRILLS PADA SISWA KELAS VII.2 SMP NEGERI 2 BISSAPPU
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-06) NIKITA
    Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan modifikasi drills dalam Meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola melalui modifikasi drills Pada Siswa Kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang di laksanakan sebanayak tiga kali pertemuan pada siklus I, dan 2 kali pertemuan di siklus II yang direncang melalui empat tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Data penelitian ini adalah data peningkatan hasil belajar chest pass. Sumber data peneliti ini adalah siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data meningkatkan hasil belajar passing dengan menggunakan lembar penilaian,kognitif, afektif, psikomotor. pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil kuantitatif data meningkatkan hasil belajar passing permainan sepakbola menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 22 siswa dengan presentase 68,75%, sedangkan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas adalah 31 siswa dengan presentase 96,87%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran penjaskes melalui modifikasi drills pada permainan sepakbola dapat meningkatkan hasil belajar passing siswa kelas VII.2 SMP Negeri 2 Bissappu.
  • Item
    UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING KAKI BAGIAN DALAM MODEL PEMBELARAN AKTIF TYPE MODELINGTHE WAY PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWAKELAS IX SMP NEGERI 1 BANGKALABARAT KAB JENEPONTO
    (PERPUSTAKAAN MEGAREZKY, 2025-08-05) MUH IRZUL
    Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing kaki bagian dalam Permainan sepak bola Melalui Model Pembelajaran Aktif Type Modeling The Way Pada Siswa Kelas XI SMP NEGERI 1 BANGKALA BARAT KAB JENEPONTO. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK).penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI SMP NEGERI 1 BANGKALA BARAT KAB JENEPONTO sebanyak 24 siswa di antaranya perempuan 14 orang dan laki-laki 10 orang. Teknik pengumpulan data adalah dengan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran aktif type modeling the way dapat meningkatkan hasil belajar passing kaki bagian dalam permainan sepak bola siswa kelas XI SMP NEGERI 1 BANGKALA BARAT KAB JENEPONTO. Hasil data yang diperoleh dari hasil data siklus I nilai rata-rata 77 dan persentase ketuntasan belajar siswa 70,83% dengan jumlah ketuntasan belajar 17 siswa dan hasil data siklus II nilai rata-rata 83,33% dan persentase ketuntasan belajar siswa 13,53% dengan jumlah ketuntasan belajar 20 siswa. Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran aktif type modeling the way.